Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

23-03-2021 11:00:57
Madu Anak Vitabumin


Sesuai dalam ketentuan yang diatur dalam UU Ketenagakerjaan, maka semua pekerja baik yang bekerja di dalam negeri Indonesia ataupun yang bekerja di luar negeri diharapkan untuk tetap memiliki BPJS Ketenagakerjaan yang  berguna untuk melindungi para pekerja dari risiko terkait pada jaminan kecelakaan dalam kerja, jaminan hari tua dan berbagai macam manfaat yang ada di dalam BPJS Ketenagakerjaan ini.

Direktur utama dari BPJS Ketenagakerjaan sendiri telah menegaskan bahwa BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan sosial yang akan sangat penting dimiliki oleh para seluruh pekerja di Indonesia.

Maka dari itu diperlukan untuk selalu mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Semua ini perlu dilakukan karena risiko sosial ekonomi itu dapat terjadi kepada siapa saja dan juga dapat terjadi dimana saja.

Risiko sosial ekonomi yang dimaksud ini ialah seperti terjadi kecelakaan dan atau kematian sehingga sangat perlu menggunakan alat pengaman agar bila risiko sosial ekonomi ini terjadi tidak akan menjadi pengganggu kesejahteraan bunda  secara drastis.

Beberapa Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan  

Ada beberapa cara dalam mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda  yang dapat bunda  lakukan, baik caranya dapat dengan online atau pun offline yaitu dengan mengunduh aplikasi BPJS.

Ketenagakerjaan, mengunjungi situs website BPJS Ketenagakerjaan, melalui ATM, melalui SMS dan dengan cara offlline nya yaitu dengan mendatangi langsung ke kantor BPJS.

Ketenagakerjaan. Langkah awal dari cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan ialah dengan melakukan registrasi.

Proses awal ini ditujukan agar bunda  dapat memiliki PIN untuk dapat menikmati layanan BPJS online ini.

Tetapi ada beberapa syarat yang perlu untuk dipersiapkan dalam proses pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan ini.

Syarat untuk dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan diantara ialah mempersiapkan nomor KJP, nomor NIK e-KTP, tanggal lahir dan juga nama lengkap.

Selain dapat menikmati layanan untuk cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, bunda  juga dapat sekaligus mencari tahu saldo yang dimilikinya.

Berikut ini beberapa cara untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan :

1.) Mengecek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan dengan Menggunakan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan

Bagi bunda  yang berminta untuk praktik cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, maka pastikan bunda  telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Syarat untuk resgistrasi di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile yaitu membutuhkan nomor KPJ dimana nomor ini terdapat di kartu BPJS Ketenegakerjaan, NIK e-KTP, nama lengkap dan tanggal lahir.

Untuk dapat melanjutkan proses mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang pertama ialah bunda  telah mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile di gadget bunda .

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya setelah bunda  telah mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile maka bunda  akan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Registrasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa syarat yang telah dipersiapkan tadi.

Melakukan registrasi ini ditujukan agar para peserta BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan PIN. Setelah mendapatkan PIN bunda  dapat langsung login ke dalam akun BPJS Ketenagakerjaan Mobile bunda  dengan menggunakan email yang telah didaftarkan dan juga menggunakan PIN bunda .

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi BPJS Ketenagakerjaan maka langkah selanjutnya ialah bunda  dapat memilih fitur saldo JHT lalu setelah itu bunda  dapat langsung mengecek saldo JHT bunda . Setelah itu informasi yang bunda  inginkan akan muncul di dalam layer ponsel bunda .

2.) Mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan Website BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan website BPJS Ketenagakerjaan yang pertama ialah dengan mendaftar terlebih dahulu, dimana proses pendaftarannya dapat dengan mengunjungi laman website BPJS Ketenagakerjaan sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Bila bunda  telah berhasil masuk ke dalam berbunda  website BPJS Ketenagakerjaan, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya ialah bunda  perlu menyiapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bunda  atau nomor KPJ bunda .

Lakukan pengisian form bunda  secara lengkap dan bila sudah lengkap bunda  dapat meng klik submit data. Setelah itu nantinya bunda  akan menerima SMS atau Email yang isinya kode aktivasi.

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan selanjutnya dengan mengaktivasi akun bunda , bila telah menerima kode aktivasi maka segera masukkan kode tersebut ke halaman berikutnya lalu pilih tombol submit dan kemudian bunda  akan menerima email untuk dapat mengkonfirmasi akun bunda  untuk di aktivasi.

Setelah mendapat email aktivasi akun dan akun telah aktif maka bunda  dapat mengunjungi laman website sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Setelah masuk ke laman website tersebut bunda  dapat login dengan menggunakan email yang telah didaftarkan dan PIN yang telah bunda  dapatkan. Langkah terakhir dalam mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui website BPJS Ketenagakerjaan ialah nantinya ada pilihan Cek Saldo JHT, disini nanti bunda  memilih KPJ BPJS Ketenagakerjaan bunda  lalu bunda  dapat klik submit.

Maka setelah itu jumlah saldo Jaminan Hari Tua bunda  akan terlihat. Bila bunda  membutuhkan informasi lainnya maka bunda  dapat memilih beberapa menu lainnya seperti e-Klaim dan atau simulasi JHT.

3.) Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Melalui SMS

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan SMS yang pertama ialah dengan membuka layanan SMS.

Setelah itu bunda  dapat mengisi pesan teks dengan format sebagai berikut: DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal Lahir#Nomor Peserta setelah semua diisi bunda  dapat mengirim SMS ke no 2757.

Untuk cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan SMS ini pada tanggal lahir menggunakan format dd-mm-yy.

Setelah itu bunda  akan menerima SMS balasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan yang berisi nomor ID bunda .

Apabila bunda  telah mendapatkan nomor ID, maka cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan SMS ini dapat dengan membalas SMS tersebut dengan menggunakan format SALDO (spasi) NOMOR PESERTA lalu bunda  dapat kirim ke no yang sama yaitu ke no 2757, setelah itu bunda  dapat langsung menerima balasan berisi saldo JHT bunda .

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan layanan sms ini bahwa layanan hanay berlaku untuk nomor operator tertentu seperti perdana Telkomsel, Indosat dan juga XL.

Bagi layanan operator lainnya cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat dengan menggunakan nomor tujuan tersebut.

4.) Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan Melalui ATM

Agar bunda  dapat menikmati mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan menggunakan ATM maka pastikan bila bunda  merupakan nasabah dari Bank BNI.

Bila bunda  merupakan nasabah dari Bank BNI maka bunda  dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda  dari ATM BNI.

Hal ini dapat terjadi karena Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat memberikan layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui ATM BNI.

Akan tetapi layanan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang ada di ATM BNI ini hanya dapat digunakan khusus untuk mengecek saldo dan tidak dapat digunakan untuk melakukan pencairan saldo.

Caranya pun cukup dengan memilih pilihan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang telah tersedia. Apabila cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan telah dipraktikkan maka mesin ATM dapat menunjukkan jumlah saldo yang bunda  miliki.

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan cara yang cukup praktis bagi nasabah BNI namun tidak bagi masyarakat umum yang bukan nasabah Bank BNI.

5.) Mengecek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Dengan Langsung Datang Ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan Terdekat

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat terakhir dapat bunda  lakukan ialah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan yang terdekat di wilayah bunda .

Cara ini dapat bunda  gunakan bila bunda  tidak dapat menggunakan cara lain dalam mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda .

Bila bunda  langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan maka cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dengan langsung menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bunda .

Petugas disana nanti akan memberitahu berapa jumlah saldo bunda  dan bunda  juga dapat mengprint slip saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda .

Kekurang dari mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara manual ini ialah dari antriannya.

Dan juga ketidak praktisan untuk pergi ke kantor BPJS Ketenagakerjaan karena akan membutuhkan waktu dan juga tenaga yang lebih banyak sehingga cara seperti ini sebenarnya tidak begitu untuk direkomendasikan. 

6.) Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Setelah bunda  mengetahui bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda , mungkin maksud bunda  dari mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda  karena bunda  ingin mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda .

Maka dari itu berikut ini cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dilakukan secara online:

  • Langkah awal bunda  dapat mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile atau bunda  dapat mengunjungi website resmi dari BPJS Ketenagakerjaan ini yaitu sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. setelah sukses mengunduh, buka aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile bunda .
  • Langkah ke dua ialah dengan melakukan login pada akun BPJS Ketenagakerjaan bunda . Bila bunda  belum memiliki akun maka bunda  dapat mendaftar terlebih dahulu agar dapat menggunakannya di kolom Daftar Pengguna.
  • Langkah selanjutnya bila bunda  telah berhasil masuk maka bunda  dapat memilih menu Klaim Saldo JHT.
  • Setelah memilih menuh Klaim Saldo JHT bunda  dapat mengisi kolom informasi. Di kolom KPJ bunda  isi dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan yang bunda  miliki lalu di kolom keperluan bunda  dapat memilih Pengajuan Klaim.
  • Setelah memilih Pengajuan Klaim, bunda  dapat memilih salah satu di antaranya yaitu Mencapai Usia Pensiun, Mengundurkan Diri dan atau Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.
  • Langkah selanjutnya bila semua data telah diisi lengkap maka bunda  dapat segera mengklik menu Kirim.
  • Setelah itu akan muncul daftar dokumen yang dibutuhkan untuk dapat melengkapi persyaratan. Setelah persyaratan telah terpenuhi maka unggah semua dokumen persyaratan yang dibutuhkan secara online. Setelah selesai mengunggah, tunggu email konfirmasi dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.
  • Email tersebut nantinya akan berisi informasi tanggal dan kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang harus bunda  datangi untuk dapat melanjutkan proses dari kalim saldo JHT bunda .
  • Langkah terakhir di hari yang telah ditentukan, bunda  dapat menyerahkan dokumen yang telah diminta sebelumnya kemudia petugas BPJS Ketenagakerjaan akan mengkonfirmasikan waktu pencairan saldo JHT bunda .



Penutup 

Itu tadi beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda  dan juga cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan bunda , tapi mungkin dari bunda  masih yang belum paham mengenai kegunaan dari BPJS Ketenagakerjaan itu sendiri apa, yang jelas BPJS Ketenagakerjaan sendiri dapat diartikan menjadi sebuah tabungan untuk hari tua nantinya. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)