Cara Menambah Berat Badan Anak 1 Tahun

16-09-2020 08:35:05
Madu Anak Vitabumin

APkah bunda memiliki anak yang berumur 1 tahun dan memiliki badan yang sangat kurus. Banyak orang tua yang akan merasa sangat khawatir ketika melihat anak  terlalu kurus terlebih jika dibandingkan dari orang tua nya yang bertubuh sangat subur . Maka dari itu artikel ini berfokus pada bagaimana cara menambah berat badan anak atau cara agar anak Gemuk

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan si kecil bertubuh terlalu kurus atau si kecil yang terlalu gemuk seperti dari faktor genetik dan dari nafsu makan si kecil.

Perlu diingat bila berat badan anak itu akan sangat dinamis dan dapat berubah seiring dengan tumbuh kembang si kecil. Orang tua dapat merasa khawatir bila si kecil bertambah tinggi namun timbangan berat badan si kecil tidak mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini dapat disebabkan karena anak susah makan, maka dari itu para orang tua tidak boleh untuk memaksa anak dalam hal makanan yang dapat dikonsumsi oleh si kecil. 


Cara Menambah Berat Badan Anak

Bila pertambahan berat badan si kecil kurang dari angka yang normal menurut usia nya, maka ada beberapa cara menambah berat badan anak yaitu sebagai berikut:

·         Aktif Menyusui

Cara pertama dalam menambah berat badan si kecil ialah dengan aktif menyusui. Bila memungkinkan ibu menyusui dapat menyusui si kecil setiap dua sampai tiga jam sekali dengan membutuhkan durasi sekitar dua puluh menit.

Bila si kecil terlihat mengantuk atau berhenti menyusu sebelum ada dua puluh menit maka ibu menyusui disarankan untuk mengganti posisi menyusui, membantu si kecil untuk bersendawa terlebih dahulu atau menggelitik kaki si kecil agar si kecil dapat menyusu kembali.

·         Menambah Asupan Lemak

Menambah asupan lemak di dalam menu makanan si kecil merupakan suatu cara cepat dan mudah dalam meningkatkan kalori karena dalam 1 gram lemak mengandung lebih banyak kalori dari pada sumber gizi lainnya.

Menggunakan minyak zaitun, kanola, mentega dan mayonnaise dapat digunakan sebagai bahan memasak makanan si kecil dan ditambahkan dengan 1 sdm dari salah satu bahan tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori hingga 45 – 120 kkal.

Selain itu juga bunda dapat memberikan saus krim atau keju leleh pada nasi, pasta atau sayuran si kecil sebagai cara menambah kalori pada menu makanan anak.

·         Menambah Asupan Karbohidrat

Karbohidrat termasuk dalam sumber gizi yang kaya akan kalori 4 kkal per gram nya, walaupun tidak sebanyak yang ada dalam kandungan lemak. Bunda dapat memberikan camilan yang tinggi karbohidrat untuk si kecil seperti kismis, granola dan buah buahan kering.

Bahan tersebut juga mengandung setidaknya 240 kkal yang cocok juga untuk ditambahkan sebagai isian pudding, yoghurt dan juga sereal. Bukan hanya itu saja bunda juga dapat menambah asupan karbohidrat dengan menambahkan madu dan sari buah pada sereal oatmeal. 

·         Kalori Dari Sumber Minuman

Bila si kecil tidak memiliki nafsu makan, maka orang tua dapat membantu si kecil dalam menambah berat badan dengan asupan kalori yang terkandung  dalam beberapa minuman seperti jus segar, susu segar, youghurt ataupun smoothies.

Minuman yang sudah dijelaskan tersebut mengandung banyak vitamin dan mineral karena minuman yang dari olahan susu mengandung protein hingga 8 gram per porsinya. Para orang tua juga dapat memberikan susu formula  yang khusus untuk membantu pertumbuhan tumbuh kembang anak.

·         Menghidangkan Selai Kacang, Alpukat, Minyak Zaitun Dan Kacang-kacangan

Makanan yang telah disebutkan di atas merupakan sumber makanan yang kaya akan lemak sehat dan dapat dijadikan tambahan dalam asupan makanan untuk si kecil.

Nutrisi yang ada di dalam kandungan maknaan ini dapat membantu dalam pemulihan peradangan yang mungkin dapat disebabkan cidera ketika si kecil beraktifitas.

Makanan yang kaya akan lemak sehat mengandung kadar kalori yang tinggi juga maka lebih baik tambahkan irisan kacang almond pada sereal.

Selama si kecil makan dengan begitu lahap dan tumbuh dengan ceria maka sebagai orang tua tidak perlu khawatir walau si kecil terlihat kurus yang terpenting orang tua tetap memberikan asupan nutrisi yang seimbang.

Seiring dalam masa tumbuh kembang si kecil, berat badan si kecil pun akan bertambah berat badan. Jadi jangan suka memaksa anak untuk makan berlebih karena dapat memicu masalah kesehatan. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)