Cara Membaca Hasil USG yang benar dan Agar Tidak Bingung

03-02-2021 07:05:31
Madu Anak Vitabumin

Bagi wanita hamil yang baru akan menyambut buah hatinya pertama kali tentu saja persiapan apa pun yang terbaik akan dikerahkan. Dari mulai hal-hal sederhana menyiapkan perlengkapan untuk persalinan hingga pakaian bayi.

Tidak luput juga dengan pemeriksaan setiap bulan untuk melihat calon jabang bayi. Di jaman sekarang sangat dimudahkan dengan teknologi.

Adanya teknologi bernama USG untuk melihat kondisi bayi di dalam perut Ibu sudah bisa dilakukan di banyak tempat yang menyediakan. Namun, apakah Bunda sudah tahu cara membaca hasil USG dengan benar itu seperti apa?

Atau malah Bunda masih bingung untuk membaca hasil dari data USG yang Bunda dapatkan dari dokter? Simak artikel ini sampai selesai ya supaya tidak bingung dalam membaca USG yang Bunda dapatkan.

Siapa sih yang tidak deg-degan untuk pertama kalinya melihat si buah hati di dalam kandungan? Tentu saja semua wanita untuk pertama kalinya mengandung dan memeriksakan diri ke dokter dengan teknologi USG pasti sangat bahagia.


Pedoman Cara Membaca Hasil USG yang Benar

Bagi kita yang masing asing dengan istilah-istilah pada teknologi yang satu ini maka todak heran jika bingung ketika membaca hasilnya. Berikut ini adalah pedoman cara membaca istilah-istilah USG:

  1. Estimated Delivery Date (EDD)

EDD menjelaskan bahwa perkiraan persalinan yang dihitung dari tanggal menstruasi. Biasanya para Ibu mengenal istilah ini dengan istilah HPL (Hari Perkiraan Lahir).

  1. Last Menstual Period (LMP)

Istilah ini dikenal untuk menjadikan hari pertama saat haid berakhir sebagai acuan dalam mengetahui usia janin.

  1. Gestational Age (GA)

GA di kenal sebagai perkiraan usia kandungan Ibu hamil yang berdasarkan pada ukuran diameter kepala bayi.

  1. Biparietal Diameter (BPD)

BPD adalah kondisi di mana panjang janin menjadi patokan usia janin saat memasuki 3 bulan kehamilan atau trimester kedua.

  1. Gestational Sac. (GS)

Pada awal kehamilan akan dideteksi dengan alat USG yang kemudian menunjukkan bulatan berwarna hitam sebagai janin Anda yang disebut dengan Gestational Sac.

  1. Crown Rump Lenght (CRL)

Istilah CRL ini merupakan istilah yang digunakan oleh dokter ketika akan mengetahui panjang jarak janin yang diukur dari ujung kepala hingga kaki. Biasanya CRL digunakan dokter pada trimester awal untuk mengukur janin dalam kandungan.

  1. Abdominal Circumferencial (AC)

AC dipakai oleh dokter ketika akan mengukur bagian lingkar perut pada janin. Jika ditambahkan dengan hasil BPD maka akan diketahui perkiraan berat janin di dalam kandungan.

  1. Fetal Weight (FW)

Fetal Weight biasanya ditunjukkan untuk berat janin di kandungan. Fetal Weight ini juga biasanya akan diperlihatkan di hasil USG Ibu hamil.

  1. Femur Lenght (FL)

Pengukuran tulang paha janin dikenal dengan istilah Femur Lenght. FL dilakukan untuk menunjukkan panjang di tulang paha pada janin Anda.

  1. Fetal Heart Rate (FHR)

Istilah ini menunjukkan detak jantung pada janin dalam kandungan. Hal ini dilakukan apakah frekuensi detaknya normal atau tidak, sehingga bisa diketah dengan pasti dan cepat.

  1. Head Circumferencial (HC)

Istilah HC digunakan pada USG untuk menjelaskan atau menunjukkan keterangan pada lingkaran kepala untuk janin Anda.

Membaca hasil USG memang awalnya terlihat rumit, namun jika Bunda sudah tahu dengan istilah-istilahnya tersebut maka akan memudahkan Bunda dalam membaca hasilnya. Karena pemeriksaan setiap bulan diperlukan guna untuk mengetahui pertumbuhan janin apakah sesuai dengan usia kandungan yang semestinya atau tidak.

Jika diketahui beberapa gejala yang tidak sesuai, biasanya akan cepat diketahui dan cepat untuk diantisipasi agar janin dapat diberikan pertolongan yang terbaik. Sehingga USG ini tergolong penting minimal 1 atau 3 bulan sekali untuk dilakukan. USG sendiri juga memiliki beberapa klasifikasi, di antaranya:

  • USG Transvaginal
  • USG 2 Dimensi (2D)
  • USG 3 Dimensi (3D)
  • USG 4 Dimensi (4D)

Teknologi ini memang sangat canggih, di mana kita bisa tidak hanya melihat pertumbuhan bayi namun juga pergerakannya di dalam kandungan. Dan biasanya banyak Ibu hamil yang terharu melihat janin di dalam kandungan mereka berada di layar USG. Pentingnya mengkonsumsi makanan sehat juga jangan dilupakan ya, agar bayi tumbuh sehat dan kuat di dalam kandungan Bunda.

Artikel Terkait

Susu Pasteurisasi

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.
Selengkapnya

Kenapa Bayi Sering Kentut

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.
Selengkapnya

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)