Cara Melatih Anak Berjalan Usia 1 Tahun

10-08-2020 08:53:30
Madu Anak Vitabumin


Tumbuh kembang baik fisik maupun otak anak anak akan memiliki perbedaan satu dengan yang lain. Kapan ia akan mulai bisa bicara, tumbuh gigi ataupun berjalan akan memiliki periode waktu yang tidak sama.

Umumnya bayi di umur 1 tahun, sudah berdiri dan tertatih memulai jalan, tentu saja bertahap tidak langsung lancar. Lalu bagaimana jika anda memiliki anak di usia 1 tahun dan belum mulai berjalan?

Apakah si kecil memiliki kelainan? apakah kondisinya normal? Tentu saja hal ini sangat normal. Bagaimana menghadapi keadaan dimana si kecil sudah berusia 1 tahun tetapi belum bisa berjalan, haruskah moms panik?

 

Penyebab Anak Terlambat Berjalan

1.   Kekurangan nutrisi pada masa tumbuh kembang anak bisa menjadi salah satu penyebab si kecil menjadi lambat untuk berjalan,.

2.       Kelainan karena bawaan, missal si kecil menderita penyakit tertentu pada kakinya

3.       Si kecil tidak dilatih untuk bergerak sebebasnya, karena terlalu sering berada di gendongan atau pelukan orang tuanya.

4.       Moms tidak memfokuskan kemampuan berjalan si kecil, missal si kecil lebih sering di latih untuk berbicara daripada berjalan

 

Cara Melatih Anak Berjalan Usia 1 Tahun


Anak anak yang belum bisa berjalan di usia mereka menginjak 1 tahun, biasanya akan mulai bisa berjalan ketika usia mereka 1,5 tahun, kondisi ini bisa lebih cepat jika bunda rajin memberikan nutrisi untuk tumbuh kembangnya.

Nutrisi ini bisa di dapatkan dari makanan maupun vitamin. Beberapa latihan juga bisa dilakukan agar bisa mempercepat prose si kecil mulai berjalan.

1.       Melatih Si Kecil Ubtuk Berdiri Tegak

Setiap harinya lakukan setidaknya selama lima menit, kegiatan latihan ini sebenarnya bisa di lakukan ketika si kecil mulai berusia 9 bulan.

Lakukan dengan tenang dan santai jangun memaksa si kecil untuk bisa cepat cepat bisa berdiri, lakukan teknik ini sambil bergurau dengan si kecil agar si kecil merasa rileks

2.       Berlatih Titah

Melatih si kecil untuk melakukan titah bisa di lakukan setuiap hari, ketika usia anak sudah memasuki usia 9 bulan. Ketika melakukan praktek ini biasakan untuk melepaskanya berjalan secara pelan – pelan.

3.       Hindari Menggendong Anak

Di usia 6 bulan Moms sebaiknya tidak terlalu sering menggendong si kecil, biarkan si kecil bergerak kesana kemari dengan bebas.

Menggunakan kasur lantai akan membuat si kecil lebih aman untuk bergerak karena moms tidak memiliki kekhawatiran jika si kecil terjantuh dari ranjang.

4.       Ajak si Kecil Bermain Di Taman

Tahukah bunda jika rumput-rumput di taman yang berembun dan basah akan bisa memberikan rangsangan kepada kaki si kecil. Rumput-rumput ini akan memberikan stimulus ke syaraf-syaraf di kaki si kecil sehingga kaki si kecil menjadi lebih kuat.

5.       Berenang

Pertumbuhan saraf motorik yang baik akan membuat si kecil menjadi lebih cepat berjalan, berenang dapat menguatkan otot-otot tubuh, meningkatkan imunitas serts membantu otot-otot tubuhnya.

Bayi yang sering di latih berenang biasanya akan lebih cepat berdiri dan berjalan daripada yang tidak.

6.       Latih Si Kecil Untuk Tengkurap

Manfaat dari memposisiskan anak tengkurap adalah dengan tengkurp anak akan lebih memiliki otot perut, otot leher dan otot tangan yang kuat.

7.       Merangkak

Sebelum melakukan teknik teknik latihan diatas, pastikan si kecil sudah bisa merangkak, karena jika si kecil sudah bisa merangkak, otot perut, punggung & tanganya sudah kuat untuk berjalan.


Selain poin poin tersebut di atas ada factor lain selain fisik yaitu kondisi emosional si kecil juga akan mempengaruhi kecepatan dia berjalan. Jika si kecil memiliki tanda tanda sebagai anak yang berani maka biasanya ia akan lebih cepat bisa berjalan di bandingkan dengan anak anak yang memiliki ketakutan tertentu.

Kondisi emotional si kecil ini bisa di kembangkan dengan stimulus tertentu yang akan di bahas secara khusus di artikel yang lain, silahkan moms melihat kumpulan artikel bermanfaat lain yang ada di website ini, semoga tips tips diatas berguna dan bisa moms terapkan tanpa kendala yang berarti.


artikel terkait : Cerita Malin Kundang

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)