Cara Mandi Wajib Dengan Baik dan Benar Untuk Laki Laki

11-12-2020 02:24:42
Madu Anak Vitabumin


Bagi umat muslim mandi wajib atau biasa disebut dengan mandi junub adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Terlebih lagi jika seseorang tersebut sudah melakukan hal-hal yang menyebabkannya harus mandi junub.

Seorang muslim baik laki-laki maupun perempuan harus mampu menyucikan diri dari hadats besar tersebut. Cara mandi wajib dengan baik dan benar untuk laki laki  yang akan kita bahas kali ini, jadi simak sampai selesai artikel ini.

Perlu diketahui bahwa mandi wajib dilakukan apabila seseorang mengalami dua hal, yaitu yang pertama karena keluar air mani pada organ intin seorang lelaki maupun perempuan entah itu disengaja atau tidak maka mereka wajib mandi junub.

Yang kedua adalah ketika seseorang yang sudah menikah melakukan hubungan badan atau intim maka setelahnya mereka harus mandi junub. Berikut ini adalah tata cara yang perlu dilakukan saat mandi wajib, dari niat hingga doa yang perlu diucapkan:

Cara Mandi Wajib Dengan Baik dan Benar Untuk Laki Laki 

  1. Niat serta doa saat mandi junub secara umum yang dipanjatkan saat mandi junub bisa dilafalkan dengan bahasa arab maupun bahasa Indonesia. Yang terpenting adalah niatnya sudah benad dan tulus. Niat dan doa dalam bahasa Indonesia baik untuk laki-laki antara lain: “Dengan menyebut nama Allah Aku berniat untuk mandi junub dengan tujuan menghilangkan hadats besar sebab dari jinabah fardhu karena Allah ta’ala”
  2. Setelah itu adalah membasuh tangan sebanyak tiga kali. Pastikan membasuh kedua tangan dengan benar yaitu dari atas ke bawah agar terbasuh semua.
  3. Kemudian bersihkan bagian najis pada tubuh. Misalnya kemaluan, dubur, pusar yang tak terjangkau air hingga sela-sela di kuku dengan menggunakan sabun atau pun air daun bidara. Mengapa pilihannya adalah daun bidara? Sebab inilah yang disarankan oleh nabi Muhhammad SAW karena kandungan pada daun bidara baik untuk tubuh.
  4. Lalu setelah itu berwudhulah seperti halnya ketika akan pergi ibadah sholat dengan baik dan benar. Ini diharapkan agar dosa-dosa yang kita lakukan luruh bersama air wudhu yang kita lakukan.
  5. Lakukan penyiraman di bagian kepala hingga bersih agar najis-najis hilang bersama air yang disiramkan. Menyiram kepala juga mampu masuk pada bagian pori-pori di kulit kepala kita. Sehingga perlu dilakukan agar najis hilang dengan sempurna.
  6. Langkah selanjutnya adalah menyiram seluruh tubuh menggunakan air hingga bersih. Perlu diingat, setiap bagian tubuh harus tersiram air agar bersih dari najis. Bisa juga diawali pada badan bagian kanan terlebih dahulu. Karena Nabi sejak dulu senang mengawali apa pun dari kanan dahulu sama halnya saat mandi junub selalu membasuh badan dari kanan dulu.
  7. Berikutnya yang juga menjadi hal terakhir untuk dilakukan adalah menggunakan wewangian yang sesuai apa yang disukai. Menurut sunnah dari Nabi bahwa setelah mandi junub alangkah baiknya jika kalian memakai wewangian pada bagian kemaluan. Tapi karena ini sunnah maka dilakukan maupun tidak dilakukan tidak apa-apa.

 

Nah, itulah tata cara mandi wajib dengan baik dan benar untuk laki laki dalam menyucikan dirinya dari hadats besar.

Karena hal ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para orang yang sudah baliqh atau dewasa. Jadi bagi para orang tua yang memiliki anak laki-laki yang sudah remaja atau dewasa yang sudah baligh penting untuk diajarkan bagaimana tata cara dalam mandi wajib atau mandi junub ini.

Karena mandi wajib ini tidak hanya berlaku pada anak laki-laki, karena anak perempuan pun juga perlu untuk tahu bagaimana tata cara yang tepat dalam mandi junub bagi mereka.

Sebab setiap bulan pasti anak perempuan yang sudah dewasa harus mandi junub dikarenakan tamu bulanan atau haid yang setiap bulan datang.

Maka ketika mereka telah selesai menstruasi dengan begitu mereka harus mandi wajib atau mandi junub untuk membersihkan diri mereka dari najis-najis haid atau menstruasi.

Adapun mandi wajib yang perlu dilakukan adalah menstruasi atau haid, setelah masa nifas dan lain sebagainya. Jadi pastikan melakukan mandi wajib dengan baik dan benar ya.

Artikel Terkait

Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam. Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.
Selengkapnya

Cerita Rakyat Bawang Merah Bawang Putih Sebuah Dongeng Yang Berisi Banyak Pesan Moral

Cerita rakyat bawang merah bawang putih merupakan sebuah cerita yang banyak mengandung pesan moral di dalamnya, maka dari itu cerita rakyat bawang merah bawang putih sejak anak masih kecil telah diceritakan cerita ini. Selain dapat menghibur, dengan mendongeng atau bercerita juga dapat menumbuhkan sebuah rasa ingin tahu bagi si kecil.
Selengkapnya

Cara Membuat Masker Kopi Di Rumah

Dengan menggunakan masker kopi dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, lebih bercahaya dan juga menjadi lebih lembut. Cara membuat masker kopi pun tidak susah dan tergolong gampang. Berikut ini beberapa cara membuat masker kopi.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)