Cara Cepat Mengeringkan Luka Caesar

11-08-2020 10:45:52
Madu Anak Vitabumin


Banyak para ibu hamil yang sudah mendekati waktu lahiran terlebih bila ternyata proses persalinannya harus dengan operasi caesar pasti mulai mencari tahu dan mulai bertanya-tanya bagaiamana cara cepat mengeringkan luka caesar nantinya.

Persalinan caesar merupakan prosedur bedah yang dapat digunakan untuk melahirkan bayi melalui sayatan di perut dan di rahim. Operasi caesar dapat terjadi bila ibu hamil mengalami komplikasi saat masa kehamilan.

Komplikasi yang dimaksud ini ialah seperti diabetes, darah tinggi ketika hamil dan mungkin melahirkan secara prematur.

Namun setelah operasi caesar terjadi banyak para ibu menyusui yang mengeluhkan rasa tidak nyaman dan rasa kelelahan, maka dari itu banyak para ibu menyusui yang disarankan untuk banyak berisitirahat.

Cara Cepat Mengeringkan Luka Caesar

1.      Banyak Istirahat

Sama seperti operasi yang lainnya, setelah operasi caesar tubuh memerlukan waktu untuk memulihkan. Biasanya akan dirawat dirumah sakit selama tiga sampai empat hari setelah melahirkan secara operasi caesar.

Bunda dapat beristirahat setiap bayi bunda juga beristirahat selain itu cobalah untuk tidur kapan pun ketika bayi anda juga tidur.

Jika bunda masih tinggal berama orang tua mintalah bantuan ke orang tua atau saudara dekat anda untuk membantu menggantikan popok serta pekerjaan rumah, sehingga bunda dapat beristirahat.

Beristirahat penuh ini sebaiknya dilakukan hingga enam minggu pertama pasca persalinan operasi caesar.

2.      Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Nutrisi seimbang pasca persalinan operasi caesar tidak kalah penting ketika sedang hamil. Terlebih bila selama masa menyusui, air susu ibu menjadi sumber nutrisi utama bagi bayi.

Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang bernutrisi dapat membuat bayi sehat dan membantu bunda menjadi pulih lebih cepat. Mengkonsumsi sayuran bagi ibu menyusui dapat memberikan rasa dalam ASI yang dapat membantu meningkatkan keinginan anak untuk mengkonsumsi sayur dalam masa pertumbuhan tumbuh kembangnya.

Bukan hanya itu saja, banyak mengkonsumsi cairan terutama air putih sangat penting dalam mengeringkan luka pasca operasi caesar. Cairan tersebut juga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan ASI dan juga mencegah terjadinya sembelit.

3.      Berhati Hati

Bila bunda memiliki rumah yang memiliki tangga, maka sebisa mungkin untuk menghindari naik turun tangga terlalu sering. Bunda dapat meletakkan popok bayi dan juga persediaan makanan di dekat bunda sehingga bunda tidak perlu untuk sering bangun dan sering jalan.

Usahakan untuk bunda tidak mengangkat barang apapun yang lebih berat dari berat bayi bunda. Bunda dapat meminta bantuan dari suami atau anggota keluarga lainnya. Bila bunda ingin bersin atau pun batuk bunda dapat memegang perut untuk melindungi dari luka sayatan.

Cara ini dapat dilakukan selama sekitar delapan minggu setelah pasca operasi caesar agar dapat membantu mempercepat proses pemulihan dalam mengeringkan luka caesar. Bunda juga dapat bertanya kepada dokter untuk mengetahui kapan boleh berolahraga, kembali bekerja dan masih banyak lagi.

Jika sudah diperbolehkan untuk berolahraga pastikan untuk berolahraga yang ringan saja dan hindari olahraga yang berat. Salah satu olahraga santai yang dapat dilakukan ialah jalan santai.

Dengan melakukan jalan santai ini dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan diri dari pasca operasi caesar. Berjalan santai ini juga dapat mencegah sembelit dan pembekuan darah dalam tubuh.

4.      Menjaga Sirkulasi Udara Pada Luka Pasca Operasi Caesar

Jangan terlalu lama menutup luka pasca operasi, sehingga membuat luka tidak terpapar dengan udara. Dengan terkena sedikit udara dapat mempercepat mengeringkan luka caesar. Untuk solusinya bunda dapat mengenakan baju yang agak longgar di malam hari agar dapat menjaga sirkulasi udara pada luka bekas operasi caesar.

5.      Menjaga Kebersihan Luka Sayatan

Dengan menjaga kebersihan luka caesar dalam selama masa penyembuhan sangat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika sedang mandi bunda dapat membasuh luka pasca operasi caesar dengan membasuhnya menggunakan air dan juga sedikit sabun lalu digosok dengan perlahan dan lembut.

Setelah selesai membersihkan luka pasca operasi caesar, langkah selanjutnya ialah mengeringkan luka pasca operasi caesar dengan menggunakan handuk bersih dan ditepuk tepuk secara perlahan. Lakukan perawatan luka bekas operasi caesar ini dengan cermat agar luka caesar dapat kering dengan cepat. 


artikel terkait : Cerita Malin Kundang

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)