Bayi Tengkurap Usia Berapa Bulan

17-09-2020 08:54:02
Madu Anak Vitabumin

Setelah beberapa bulan terlahir didunia hanya dapat berbaring, tengkurap dapat membuat bayi memiliki perspektif baru terhadap dunia di sekitarnya. Lalu munculah pertanyan bayi tengkurap usia berapa bulan ya? Dan apa yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk merangsang si kecil agar dapat tengkurap dengan sendiri? Tengkurap sendiri merupakan sebuah posisi bayi ketika berbaring dengan keadaan bagian perut di bawah.

Untuk mendapatkan posisi ini bayi harus memiliki otot kepala, leher dan pundak yang kuat. Dari sisi estetika nya tengkurap juga dapat mencegah bentuk kepala bayi tidak simetris atau sering disebut dengan sebuah istilah kepala peyang.

Perlu diingat bila orang tua harus selalu berada di sisi bayi selama si kecil tengkurap karena untuk mencegah suatu hal yang tidak diinginkan.

 

Di Usia Berapa Bulan Bayi Dapat Tengkurap?

Para dokter sepakat untuk memperbolehkan para orang tua untuk memposisikan bayi tengkurap sejak hari pertama si kecil dilahirkan ke dunia. Ketika bayi masih berusia sangat muda maka biarkan bayi tengkurap di bagian dada atau pangkuan bunda atau ayahnya dan lakukan sebentar saja.

Bila pertanyaannya bayi tengkurap usia berapa bulan maka jawabannya dapat beragam ada beberapa bayi yang dapat berguling dari posisi tidur menjadi tengkurap dimulai dari usia nya 3 sampai bulan.

Walaupun begitu tak jarang juga bila bayi baru dapat melakukannya di usia 5 bulan. Bila itu terjadi di bayi bunda maka bunda jangan khawatir karena itu merupakan hal yang normal dan sama sekali bukan tanda keterlambatan perkembangan motorik anak.

Kemampuan bayi dalam tengkurap akan terus berkembang, yang mungkin awalnya si kecil akan berguling dari posisi tengkurap ke berbaring.

Lalu sebulan kemudian si kecil baru dapat berguling dari berbaring ke tengkurap, gerakan ini sangat mmebutuhkan kekuatan otot dan koordinasi yang lebih. Ketika pertama kali bayi mulai tengkurap jangan heran bila si kecil menangis karena hal itu merupakan suatu keadaan dimana si kecil memiliki kemampuan motorik baru yang dapat menjadi sebuah pengalaman yang mengagetkan si kecil.

Namun seiring berjalannya waktu si kecil akan terbiasa dan menyukai posisi tengkurap. Para orang tua harus selalu mengawasi si kecil jangan tempatkan si kecil ke permukaan yang tinggi ketika si kecil sudah merasa nyaman ketika tengkurap sendiri.

Bila si kecil sampai ketiduran di posisi tengkurap, maka segera balikkan badan si kecil sehingga si kecil tidur dengan keadaan punggung berada di bawah hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan yang terburuk seperti sindrom kematian bayi mendadak atau lebih dikenal dengan SIDS.

Namun bila si kecil belum dapat tengkurap sendiri sampai dengan usia enam bulan maka sebaiknya segera periksakan si kecil ke dokter anak atau tenaga medis klinik. Keterlambatan itu mungkin menjadi sebuah pertanda bila ada masalah pada sistem motorik bayi.

 

Melatih Bayi Agar Cepat Tengkurap

Tengkurap sendiri merupakan sebuah salah satu pencapaian bayi yang dapat di rangsang dengan Latihan yang sering disebut dengan tummy time.

Prinsip dalam melakukan cara tummy time ini sebetulnya sangat sederhana yaitu orang tua dapat meletakkan bayi di permukaan datar yang bersih dan dalam posisi perut di bawah sehingga si kecil akan otomatis mencoba mengangkat leher dan juga kepalanya.

Orang tua juga perlu meletakkan mainan kesukaan si kecil dalam jangkauan pandangan si kecil agar si kecil dapat lebih bersemangat ketika sedang belajar tengkurap.

Langkah ini dapat menjadi sebuah stimulan agar si kecil dapat berguling dan tengkurap dengan sendirinya. Jika anda ingin melakukan tummy time sebaiknya batasi durasi nya menurut usia bayi, yaitu:

·         Bayi baru lahir: 1 sampai 5 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari

·         1 bulan: maksimal 10 menit sebanyak 2 sampai 3 kali sehari

·         2 bulan: maksimal 20 menit dan dapat dilakukan dalam beberapa sesi

·         3 bulan: maksimal 30 menit dan dapat dilakukan dalam beberapa sesi

·         4 bulan: maksimal 40 menit dan dapat juga dilakukan dalam beberapa sesi

·         5 sampai 6 bulan: maksimal 60 menit selama si kecil tidak rewel.


Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)