Penyebab Bayi Sering Menangis Kencang dan Cara Mengatasinya

09-09-2020 09:15:29
Madu Anak Vitabumin

Bayi bunda apakah sering menangis? Dan bingung bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini sampai selesai. Permasalahan orang tua baru ada pada nyaman dan tidaknya bayi dalam perawatan mereka. Kendala yang sering terjadi adalah bayi sering menangis kencang tanpa sebab sehingga membuat bingung para orang tua.

Saat bayi menangis tanpa sebab, biasanya akan selalu dikaitkan pada hal-hal mistis yang mengganggu bayi. Misalnya saja si bayi sedang diganggu oleh makhluk halus atau makhluk gaib yang berada di sekitarnya. Bayi yang sering menangis kencang tiba-tiba tidak melulu adanya hal mistis, bisa jadi itu sebuah isyarat untuk orang tua bahwa ia sedang gelisah atau lapar.

Sudah menjadi naluri seorang ibu saat anaknya menangis akan segera menenangkan bayi mereka. Hal tersebut akan berjalan dengan sendirinya untuk dilakukan.

Saat bayi menangis kencang terus menerus pasti akan membuat orang tua panik karena bingung tidak tahu apa yang anak rasakan sebab mereka belum bisa bicara. Bayi mengisyaratkan sesuatu tentu dengan menangis, itu merupakan bahasa alami dari bayi untuk berkomunikasi dengan para orang tua.

Menyikapi hal ini orang tua tentu kebingungan, sebelum itu sebaiknya para orang tua tidak panik terlebih dahulu. Sikapi dengan tenang agar menemukan solusi yang paling tepat untuk si bayi. Sebetulnya tangisan bayi memiliki fase-fase yang sejak dari awal para Ibu ketahui.

 

Makna Tangisan Bayi

Saat pertama kalinya para Ibu mendengar tangisan bayi tentu saat diruang operasi untuk melahirkan sang buah hati. Tangisan bayi menjadi sesuatu yang terdengar merdu saat itu ditelingan para Ibu.

Akan tetapi setelah memasuki hari-hari di rumah sakit, bayi biasanya akan dipisahkan dengan sang Ibu kurang lebih 6 jam untuk di observasi. Setelah 6 jam, jika sang bayi tidak mengalami kendala Kesehatan tertentu atau dinyatakan sehat tentu akan segera dijadikan satu ruangan dengan sang Ibu.

Nah, hal inilah fase penting yang membuat sang bayi dan Ibu menjalin kelekatan. Saat sang Ibu merespon dengan cepat sang bayi saat menangis tentu hal ini akan membuatnya terbiasa bahwa ia didengarkan dengan segera. Fase ini sering disebut dengan fase attachment promoting atau dikenal dengan fase awal tangisan.

Berbeda dengan bayi-bayi yang diletakkan di ruangan terpisah dengan sang Ibu yaitu ruang bayi. Di mana saat bayi menangis, seorang perawat tidak akan langsung merespon tangisannya dengan segera karena sibuk dengan bayi-bayi lainnya.

Fase saat sang bayi dan ibu tidak satu ruangan disebut dengan fase avoidance promoting, fase di mana bayi menangis lebih keras bercampur dengan rasa takut, marah serta putus asa. Itu sebabnya bayi kemudian belajar bahwa dengan tangisan keras itulah ia bisa mendapatkan respon yang ia butuhkan.

Sehingga perlu diingat bahwa merespon tangisan bayi Bunda dengan segera tentu akan membangun sebuah kebiasaan pada anak. Menurut dr William Sears, ‘gaya’ menangis seorang bayi sebenarnya terbentuk dari apa yang ia lalui secara alami oleh lingkungannya.

Jika bayi memiliki lingkungan mendukup dan cukup responsive tentu besar kemungkinan bahwa ia mampu memberikan isyarat dengan tangisan yang lebih ‘baik’.

Semakin bertambahnya usia bayi maka akan semakin aktif pula ia menunjukkan apa yang ia mau. Yang kemudian tangisan dikenal sebagai bentuk isyarat bahwa ia sedang lapar, buang air besar atau kecil, pakaian yang ia kenakan bikin gatal, tidak nyaman dengan posisi yang Ibu berikan dan lain sebagainya.

Namun tangisan bayi sebagian besar dikarenakan penyesuaian lingkungan dari rahim ke dunia luar. Bayi membutuhkan adaptasi pada lingkungan barunya. Bahwa suara, tekstur , cahaya, warna-warna serta sebuah sensasi buang angin pun dapat membuat mereka terganggu dan gelisah.

Berikut ini ada tips untuk menenangkan bayi, yaitu:

  1. Menggendong bayi dengan diayun-ayun.
  2. Memberikan sentuhan lembut agar bayi merasakan keberadaan Bunda.
  3. Nyanyikan lagu-lagu atau bisa dengan sholawat bagi yang muslim.
  4. Bedong menjadi alternatif untuk menenangkan bayi, namun jika dirasa ia tidak nyaman sebaiknya jangan lakukan.
  5. Berbisik lirik di telinga anak seperti berdesing “sshhh”. Hal ini dapat membuatnya teringat pada suasana rahim Ibu. Suara ibu menurut penelitian merupakan suara alami yang mampu membuat tenang bayi.

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)