Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

02-07-2021 09:00:55
Madu Anak Vitabumin

Bahasa tubuh menjadikan salah satu cara yang dapat diketahui mengenai keadaan seseorang yang sedang dirasakan. Ada banyak sekali jenis bahasa tubuh yang perlu untuk dipahami, karena bahasa tubuh memiliki beberapa makna yaitu dapat bermakna positif atau pun bermakna negatif. Bila selama ini anak anda sering menggunakan bahasa tubuh negatif maka sebaiknya mulai mengurangi atau pun mengubah kebiasaan tersebut.

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.

Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Orang Tua

Berikut ini beberapa jenis bahasa tubuh negatif anak yang perlu untuk di pahami.

·         Anak tidak ingin menatap mata orang tua nya

Ketika anak menolak untuk menatap mata orang tua nya dan terus mengalihkan pandangannya maka bisa jadi itu merupakan tanda bahwa anak sednag malu dan tidak ingin menjadi pusat perhatian. Hal ini dilakukan oleh anak karena mungkin anak menyadari bahwa apa yang dia lakukan bukanlah sebuah perbuatan yang baik, contohnya seperti mengambil barang milik temannya atau pun menumpahkan sesuatu.

 

Bila anak menunjukkan sikap yang seperti ini, maka cari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Bila memang benar anak malu karena melakukan perbuatan yang salah maka sebagai orang tua anda dapat memberi sebuah nasihat yang menggunakan bahasa sederhana serta mudah untuk dimengerti oleh anak. Dengan menggunakan cara seperti ini dapat menjaga psikolog anak agar tetap baik walau anak telah melakukan sebuah kesalahan.

 

·         Anak akan bersembunyi ketika bertemu dengan orang baru

Dalam masa perkembangannya, anak-anak memanglah belum dapat mengendalikan rasa gugup dengan baik. Maka dari itu tidak heran bila anak merasakan hal seperti itu, anak-anak dapat melakukan beberapa tindakan seperti dengan menutup wajahnya dengan menggunakan tangan, anak bersembunyi di balik dari pakaiannya atau anak berlindung di dalam pelukan orang tua nya. Hal seperti ini sebenarnya wajar dilakukan oleh anak, terlebih lagi bila anak berada di dalam sebuah tempat yang penuh dengan orang yang tidak mereka kenal.

 

Dalam mengatasi sikap anak yang pemalu ini, anda dapat memberikan sebuah contoh seperti dengan berkenalan serta mengajak berbicara dengan orang lain. Hal ini dapat dilakukan karena para anak biasanya akan belajar melalui apa yang mereka lihat dan bukan tidak mungkin bila anak secara perlahan akan mulai berani untuk keluar dan mulai berani untuk melakukan interaksi dengan orang baru.

 

·         Anak melemparkan makanannya dan juga merusak mainannya

Pernahkan anak anda tiba-tiba melemparkan makanan dan atau merusak mainannya? Bila pernah maka bisa jadi anak sedang ingin menarik perhatian orang tua nya dan juga dapat menjadi cara untuk memberitahukan bahwa anak merasa bosan atau anak sedang marah.

 

Bila hal ini terjadi maka para orang tua dapat mengajak anak untuk melakukan suatu aktivitas baru atau pun pindah ke tempat lain untuk membuat anak menjadi tidak merasa bosan lagi. Bila rasa bosan anak telah mereda maka anda dapat menjelaskan kepada anak anda bahwa apa yang dilakukan oleh dirinya itu merupakan sebuah perbuatan yang tidak baik dan tidak boleh untuk dilakukan lagi.

 

·         Anak membawa semua mainannya di tempat tidur

Memasuki usia anak menuju balita, maka tidak mungkin bila anak akan suka membawa mainan milikinya ke atas ranjang keika akan tidur. Kebiasaan yang dilakukan anak ini ternyata memiliki arat tersendiri bagi sang anak.

 

Dalam masa perkembangan anak ini, imajinasi anak sedang berkembang dengan sangat pesat. Hal ini lah yang membuat anak menjadi suka berimajinasi berbagai jenis karakter yang menurut anak sangat menakutkan. Sehingga membuat anak menjadi membawa semua mainannya untuk menemani dirinya tidur, hal ini dapat menjadi bentuk agar dirinya menjadi merasa aman dan tidak merasakan takut lagi.

 

Bila benar anak melakukan hal ini karena anak takut, maka para orang tua dapat mengatasinya dengan menemani anak tidur sambil memberikan dongeng atau pun penjelasan bahwa orang tua nya akan selalu menjaga dirinya. Dengan begitu dapat diharapkan bahwa anak menjadi tidak merasakan takut lagi.

 

·         Anak menyilangkan lengan

Banyak orang termasuk para anak yang sering melakukan menyilangkan lengan karena mereka tidak harus melakukan apa dengan tangan mereka. Ahli dari bahasa tubuh mengatakan bahwa seseorang harus selalu menjaga tangan mereka untuk tetap berada dalam pandangan ketika sedang berbicara. Karena ketika lawan bicara tidak melihat tangan yang di ajak mengobrol akan bertanya-tanya apa yang sedang di sembunyikan oleh lawan bicaranya.

 

·         Anak berjalan dengan menyeret kaki

Sebagi manusia memang akan terlalu cepat dalam menilai seseorang, contohnya hanya dengan melihat bagaimana cara berjalannya saja orang sudah bisa melakukan berbagai banyak penilaian terhadap orang yang mereka lihat.

 

Maka dari itu kita perlu untuk memperhatikan bagaimana cara berjalan yang baik agar tidak mendapatkan penilaian yang buruk. Berdasarkan dari ahli bahasa tubuh mengatakan cara berjalan juga dapat menentukan risiko seorang anak nanti ketika sudah besar.

 

Walaupun sulit bila ingin mengubah cara berjalan namun berjalan dengan rasa penuh percaya diri serta langkah kaki yang telah terkoordinasi sangatlah penting. Bila berjalan dengan menyeret kaki maka akan menunjukan rasa yang tidak percaya diri.

 

Bila sudah mengetahui beberapa bahasa tubuh negatif anak yang anak lakukan, maka sebaiknya para orang tua perlu untuk melakukan komunikasi dengan anak menggunakan cara yang tepat. Sebelumnya apa anda berkomunikasi dengan anak anda searah atau dua arah? Dengan komunikasi yang baik akan dapat membangun hubungan yang menjadi lebih menyenangkan dan juga positif bagi orang tua dengan anak.

Banyak orang tua yang tidak sengaja membentak anaknya atau bisa sampai mengancam anaknya. Sebaiknya sikap yang seperti itu tidak dilakukan lagi ya karena akan berakibat negatif bagi kepribadian anak dan juga bagi masa depan anak. Akibat dari melakukan hal itu juga ada beberapa, dimana diantaranya sebagai berikut.

·         Membuat anak menjadi seorang pribadi yang diam, tidak peduli, melawan dan sulit untuk diajak bekerja sama.

·         Melemahkan konsep anak.

·         Menjatuhkan kepercayaan diri anak.

·         Membuat anak menjadi tidak terbiasa untuk memilih serta mengambil keputusan sendiri.

·         Kemampuan berpikir anak menjadi rendah.

·         Dapat membuat anak menjadi pribadi yang suka iri.

Sebelum semuanya terlambat maka sebaiknya mulai saat ini anda mencoba untuk mengubah cara anda berkomunikasi dengan anak anda. Anda juga dapat menerapkan beberapa hal yang telah disarankan sebagai berikut.

·         Mengenali inner child

Ada beberapa orang yang meyakini bahwa setiap orang memiliki inner child, dimana jiwa semasa masih anak-anak mengalami berbagai macam kejaidan serta perlakuan dari orang tua dahulu. Sehingga memungkinkan inner child selama masa kanak-kanak dahulu turut mempengaruhi anda dalam membesarkan buah hati anda.

 

Contohnya seperti bila orang tua anda dahulu sering menyuruh anda untuk melakukan berbagai hal dengan cepat maka bisa jadi anda juga akan melakukan hal yang serupa kepada buah hati anda. Dan alangkah baiknya bila anda dan pasangan anda mengenali inner child anda dan pasangan anda jaman dahulu lalu hindari anda menggunakan bagian yang tidak baik.

 

·         Membaca bahasa tubuh

Komunikasi bukan hanya melalui kata-kata tetapi juga perlu dengan melakukan sebuah tindakan. Karena melakukan tindakan itu lebih baik dari pada hanya dengan berkata-kata. Maka dari itu pahamilah bahasa tubuh anak karena di usia batita anak akan cenderung melakukan komunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh.

 

·         Mendengarkan perasaan anak

Sebagai orang tua serbaiknya anda peka terhadap perasaan anak anda contohnya seperti ketika anak mengalami masalah di sekolah nya atau anak dimarahi oleh gurunya. Sebagai orang tua sebaiknya anda tidak menyalahkan anak anda dan anda juga tidak ikut memarahi anak anda. Sebaiknya anda bertanya serta mencoba bagaimana perasaan menjadi anak, dengan begitu akan membuat anak menjadi merasa bahwa orang tua nya dapat merasakan hal yang sedang dia alami juga.

 

·         Menghindari berbicara terburu-buru

Ketika berkomunikasi dengan buah hati anda, sebaiknya sebisa mungkin anda menghindari berbicara yang terlalu panjang, terlalu cepat dan juga bernada tinggi. Anda dapat berbicara kepada anak anda dengan pelan dan dalam waktu yang tepat, terlebih bila anda akan menegur anak anda.

 

Dengan anda berbicara terburu-buru yang disertai dengan nada yang tinggi maka akan berdampak buruk bagi anak. Selain dapat menguras tenaga dan energi, buah hati anda juga akan merasa sangat sebal, kesal dan menjadi kebal terhadap anda.

 

·         Memahami anak

Ingatlah bahwa setiap orang itu memiliki keunikan sendiri-diri, amka dari itu sebiaknya anda menghindari membandingkan buah hati anda dengan anak lainnya karena akan dapat berdampak negatif bagi kepribadian anak.

 

Efek yang di dapat selain anak merasa minder, anak juga dapat tidak menjadi dirinya sendiri dan bisa jadi anak akan terdorong melakukan suatu hal yang hanya dapat dianggap sebagai perbuatan baik atau ingin mendapatkan pujian.

 

·         Mendengarkan secara aktif

Sebagai orang tua cobalah untuk mendengar cerita anak dan berbagai keluh kesah mereka. Tetapi bukan hanya mendengar biasa saja namun juga mendengar secara aktif. Ketika anak sedang bercerita janganlah anda memotong cerita anak sampai ceritanya selesai.

 

Agar anak merasa ceritanya didengarkan oleh anda, sebaiknya anda memberikan tanggapan yang telah diucapkan oleh anak anda atau anda bertanya kepada anak anda agar anak anda semakin bersemangat untuk dapat menyelesaikan ceritanya.

 

Penutup

Itulah tadi beberapa macam jenis bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami oleh para orang tua serta beberapa cara yang baik untuk melakukan komunikasi kepada anak anda. Semoga setelah membaca artikel ini dapat membantu anda sebagai orang tua untuk dapat memahami anak dan mendukung anak selama dalam masa perkembangan. 

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)