Bacaan untuk Anak TK, Tips Memilih Bacaan yang Tepat

06-10-2020 09:49:09
Madu Anak Vitabumin

Menyediakan bacaan untuk anak kita yang masih TK juga penting lho. Tidak harus melulu mengandalkan anak-anak untuk mendapatkan bacaan di sekolah. Menyiapkan buku bacaan yang tepat untuk mereka tentu kita sebagai orang tua harus pilih-pilih. Karena tidak semua buku bacaan cocok untuk anak TK.

Buku bacaan untuk anak TK yang sesuai bisa dengan memilihkan mereka bacaan yang ringan dan bergambar tentunya yang sesuai dengan umur mereka. Manfaat memberikan buku-buku bacaan pada anak yang masih di bangku TK tentu sangat banyak. Berikut ini adalah manfaat buku-buku bacaan untuk mereka:

1.       Melatih Konsentrasi

Walaupun melatih anak membaca sebaiknya saat anak berumur 7 tahun, yaitu saat anak-anak duduk di bangku sekolah dasar. Namun melatihnya Jadi untuk anak TK kita cukup membuat mereka untuk mendengarkan buku-buku bacaan yang kita bacakan. Dengan membacakan buku cerita anak-anak pada mereka akan mampu melatih konsentrasinya dengan baik.

 

2.       Melatih Anak Untuk Menjadi Pendengar Yang Baik

Seperti yang kita tahu, bahwa anak-anak di bawah umur 5 tahun cenderung tidak bisa diam dan suka mengeksplor banyak hal, itu sebabnya susah untuk berkonsentrasi dengan waktu lama pada satu objek.

Dengan melatih anak mendengarkan cerita yang kita bacakan tidak hanya melatih konsentrasinya saja tetapi juga dapat melatih anak untuk menjadi pendengar yang baik lho. Membiasakan mereka untuk dibacakan bacaan anak membuat mereka juga belajar memahami sesuatu dengan baik.

 

3.       Memperkaya Kosa Kata Anak

Membacakan bacaan anak-anak pada buah hati bisa sekaligus menjadi bentuk mendasar kita mengenalkan dongeng padanya. Sama halnya dongeng sebelum tidur, anak-anak memiliki otak yang bagus untuk mengolah banyak hal, termasuk mendengarkan sebuah bacaan.

Itulah mengapa anak-anak yang sedang dalam masa golden agenya membutuhkan pendampingan orang tua untuk memaksimalkan masa tumbuh kembangnya tersebut. Dengan melatih anak mendengarkan buka bacaan yang dibacakan mampu memperkaya kosa kata baru yang anak dengar.

 

4.       Pintar Berkomunikasi Dan Imajinatif

Anak-anak yang gemar mendengarkan sebuah cerita, pada akhirnya akan memiliki kemampuan memahami ekspresi dan berbagai tokoh. Anak-anak juga akan meningkat kemampuannya dalam berkomunikasi.

Mereka juga memiliki imajinasi yang lebih dibandingkan dengan anak-anak yang tidak dibiasakan untuk mendengarkan buku bacaan yang dibacakan. Mereka lebih terbuka pemikirannya dan mampu menerima ide-ide dengan lebih bijaksana. Tidak hanya itu saja, mereka juga akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif, komunikatif, imajinatif dan open minded.

 

5.       Mengasah Memori Pada Otak Anak

Membacakan buku bacaan untuk anak tk dapat mengasah memori otak anak lebih baik. Karena hal ini mampu membantu untuk mempertajam ingatan mereka. Caranya cukup mudah, saat kita selesai membacakan buku bacaan pada anak, minta mereka untuk menceritakan ulang cerita yang mereka dengarkan tersebut. Dengan begitu mereka akan berusaha untuk mengingat cerita yang didengarkannya. Kemudian dapat mengasah ingatan mereka.

Buku-buku bacaan untuk anak TK yang tepat bisa dilihat dari beberapa hal yang bisa dijadikan pertimbangan. Karena tidak semua buku bagus untuk anak-anak. Bahkan ada buku bacaan anak yang kurang tepat untuk mereka. Dengan begitu orang tua perlu untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

·         Konten bacaannya

·         Memiliki visual menarik

·         Story telling

·         Menggunakan kalimat yang sederhana

·         Kualitas buku bagus

·         Lebih menggunakan kata-kata yang sederhana

·         Anak-anak terlihat memiliki minat dengan buku bacaan yang akan dibacakan

·         Buku yang disertai dengan audio bisa menjadi alternatif

Nah, sudah tahu kan manfaat buku bacaan untuk anak TK serta tips-tipsnya dalam memilih buku bacaan yang cocok untuk usia mereka. Dengan melatih anak sejak dini dengan membacakan bacaan-bacaan cerita atau minimal bisa membiasakan anak untuk diberikan dongen sebelum tidur dengan membacakan buku-buku cerita akan sangat membantu mereka dalam proses tumbuh kembang.

Orang tua memang menjadi orang yang paling utama untuk terus mendampinginya dalam bertumbuh. Sebab membangun karakter baik anak tidak gampang, apalagi dengan anak-anak yang aktif dan mudah berubah-ubah setiap waktu.

Bahkan sebuah buku bisa membentuk karakter mereka nantinya. Maka sebaiknya memberikan buku bacaan yang tepat padanya adalah langkah awal yang baik untuk tumbuh kembangnya.

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)