Apakah Berat Badan Anak Selalu Naik Mengapa Demikian

28-08-2020 08:03:53
Madu Anak Vitabumin

Setiap bayi yang dilahirkan pasti akan memiliki berat badan yang berbeda, begitu juga dengan pertumbuhan si kecil. Namun pada umumnya bayi memang akan mengalami kenaikan berat badan dengan cepat di tiga bulan awalnya.

Namun setelah melewati tiga bulan awalnya biasnaya berat badan bayi akan menurun. Jadi, bila ada pertanyaan apakah berat badan anak selalu naik mengapa demikian? Maka jawabannya ialah memang akan selalu naik dan untuk jawaban mengapa karena si kecil akan mengalami pertumbuhan tumbuh kembang.

Namun perlu diketahui untuk kenaikan berat badan bayi di bulan bulan awal memang akan cepat mengalami kenaikan minimal 700 gram setiap bulannya bahkan bisa sampai 1 kg per bulannya. Namun setelah melewati tiga bulan pertamanya kenaikan berat badan anak tidak secepatnya di tiga bulan awalnya, biasanya hanya mengalami kenaikkan sekitar 400 gram sampai 600 gram.

Dalam membantu si kecil untuk mendapatkan berat badan yang ideal merupakan sebuah tantangan sendiri bagi para orang tua nya. Bila ingin memastikan dalam menambah berat badan si kecil telah sesuai dengan usia nya maka para orang tua dapat menggunakan panduan lengkap yang dapat membantu menambahkan berat badan anak dalam dua belas bulan pertamanya.

artikel terkait : madu anak

Usia 1 Sampai 4 Minggu Atau Newborn

Di fase ini si kecil biasanya akan mengalami sedikit kehilangan berat badan setelah lahir, walaupun begitu para orang tua tidak perlu untuk terlalu khawatir karena nantinya si kecil akan memperoleh berat badan kembali dalam sepuluh sampai dua belas hari. Bila si kecil terlihat memiliki alergi ketika meminum air susu ibu atau ASI segera konsultasikan ke dokter anak.

Usia 1 Bulan

Memberikan ASI memang tidak dapat diprediksi berapa banyak jumlahnya, para ibu menyusui pun juga tidak dapat menentukan berapa banyak ASI yang harus diberikan kepada si kecil setiap kali menyusu. Di usia anak yang masih 1 bulan ini si kecil membutuhkan ASI sekitar 8 sampai 12 kali dalam satu hari. Jadi setidaknya ibu menyusui akan menyusui setiap dua sampai tiga jam.

Usia 2 Bulan

Setelah anak memasuki usia 2 bulan, si kecil masih belum diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan padat hingga usia si kecil memasuki usia 6 bulan. Karena bila di berikan sebelum memasuki usia siapnya dapat membuat masalah pencernaan yang berbahaya. Di usia 2 bulan ini si kecil hanya boleh diberikan asupan ASI saja karena sudah cukup untuk memenuhi nutrisinya.

Usia 3 Bulan

Ketika si kecil telah berusia 3 bulan, frekuensi dalam pemberian air susu ibu atau ASI ini akan berkurang menjadi 5 sampai 8 kali dalam satu hari. Namun pada malam hari si kecil masih akan terbangun untuk menyusu walaupun intensitasnya tidak begitu sering. Berat badan anak pun akan naik sekitar 600 gram per bulannya.

Usia 4 Sampai 5 Bulan

Ketika memasuki usia 4 sampai 5 bulan ini si kecil akan menunjukkan tanda kesiapan dalam mengkonsumsi makanan padat. Sehingga si kecil ketika beranjak ke usia 5 bulan berat badannya mengalami kenaikan dua kali lipat dibandingkan saat berat ketika lahir. Tanda si kecil diap mengkonsumsi makanan padat ialah dengan dapat mengangkat kepala hingga dapat duduk dengan mantap.

Usia 6 Bulan

Ketika si kecil menginjak di usia 6 bulan maka si kecil siap untuk mendapatkan makanan tambahan yang sering disebut dengan MPASI. Di usia ini juga si kecil akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 85 sampai 140 gram dalam seminggu.

Usia 7 Sampai 8 Bulan

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, para orang tua dapat mengkombinasikan ASI dengan asupan makanan bergizi lainnya seperti sayuran dan buah. Seperti mencoba memasak telur orak arik dengan ukuran yang kecil agar si kecil dapat memakannya.

Usia 9 Sampai 10 Bulan

Agar dapat mempertahankan berat badan anak maka jangan ragu untuk tetap memberikan makanan yang bergizi seperti sayuran ataupun buah-buahan.

Usia 11 Sampai 12 Bulan

Di usia nya yang memasuki 1 tahun ini biasanya berat badan bayi akan mengalami kenaikkan sekitar tiga kali lipat berat ketika si kecil dilahirkan. Di usia ini juga si kecil membutuhkan makanan padat sebanyak tiga kali sehari. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)