Mengenal Lebih Dekat Apa yang Dimaksud Dengan Protein Nabati dan Manfaatnya Bagi Tubuh

02-11-2020 09:55:17
Madu Anak Vitabumin

Di masa-masa sekarang ini, banyak orang mulai menerapkan gaya hidup sehat yang bisa menghindarkan diri dari virus covid-19 ini. Gaya hidup sehat mencakup pada pola makan yang lebih baik dari biasanya. Karena banyak sekali manfaat makanan sehat yang sebetulnya perlu untuk dikonsumsi oleh tubuh, makanan mengandung protein nabati misalnya. Apa yang dimaksud dengan protein nabati sih? Mari mengenal lebih dekat dengan protein yang satu ini.

Protein nabati adalah protein yang berasal atau dihasilkan oleh tumbuh-tumbuhan. Yang termasuk protein nabati adalah jenis kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kedelai dan polong. Pada buah-buahan tertentu juga terdapat protein nabati yaitu pada buah alpukat. Protein sendiri merupakan bagian yang paling penting dari sebuah sumber makanan tersebut.

Manfaat protein sangat bagus bagi tubuh antara lain untuk memelihara, membangun dan memperbaiki bagian struktur pada tubuh. Dengan begitu, protein sangat penting sekali nih buat masa tumbuh kembang si kecil. Walaupun sudah dewasa, kebutuhan protein dalam tubuh manusia harus terus tercukupi dengan baik. Karena protein bagus untuk menjaga Kesehatan organ tubuh dan otot. Bagian kulit, tulang dan rambut juga menjadi bagian yang terlindungi oleh asupan protein.

Protein berperan penting dalam Menyusun asam amino dalam tubuh manusia. Karena tubuh manusia membutuhkan 22 jenis asam amino untuk menjaga keseimbangan tubuh tetap terjaga dengan baik. Tubuh tidak dapat menghasilkan 9 asam amino essensial tertentu seperti valin, leusin, treonin, lisin, triptofan, isoleusin, metionin, histidine dan fenilalanin. Karena kandungan asam amino essensial pada protein nabati tidak begitu lengkap, maka mencukupinya bisa dengan protein hewani. Kecuali jika mau mengkonsumsi beragam atau macam-macam sumber dari protein nabati itu sendiri tentu bisa mencukupinya.

Berbagai macam sumber protein nabati yang bisa dikonsumsi antara lain adalah:

1.       Quinoa

Makanan yang satu ini termasuk dalam superfood dari biji-bijian yang mengandung gizi tinggi. Quinoa mengandung asam amino essensial baik untuk tubuh.

2.       Tempe

Siapa yang tak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, tempe merupakan makanan yang mengandung asam amino tinggi. Tempe juga menjadi makanan favorit banyak orang di Indonesia karena rasa serta bisa divariasikan menjadi banyak olahan makanan.

3.       Edamame

Makanan yang berasal dari kedelai tentu saja memiliki protein nabati tinggi. Seperti pada edamame yang memiliki kandungan protein nabati tertinggi bagi tubuh. Edamame biasanya diolah dengan cara direbus. Namun jika bosan dengan olahan yang itu-itu saja, edamame dapat disajikan dengan tumisan atau dicampur dengan salad buah maupun sayur.

4.       Bayam

Mengapa sayuran ini menjadi ciri khas kartun popeye dalam meningkatkan kekuatan tubuh? tahu tidak, ternyata bayam mengandung serat dan protein tinggi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi banyak bayam dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung. Antioksidan yag tinggi pada sayur bayam juga menjadi keunggulan dari sayuran ini.

5.       Kentang

Walaupun kentang tergolong minim nutrisi di dalamnya, namun pada satu buah kentang mampu mencukupi kebutuhan protein dalam tubuh lho. Seperti bayam, kentang juga mampu menjaga Kesehatan pada jantung kita. Jika kebanyakan kentang di restoran cepat saji biasanya digoreng, sebaiknya bisa diganti dengan direbus atau dipanggang dengan membuatnya di rumah agar lebih menyehatkan.

6.       Alpukat

Buah yang satu ini mengandung lemak jenuh yang baik untuk tubuh. Asam lemak dan protein dalam buah alpukat sangat bagus untuk Kesehatan tubuh kita. Alpukat juga mudah untuk dikonsumsi dan divariasikan. Bisa dimakan langsung, dicampur dalam salad atau bisa juga dihaluskan menjadi guacamole yang lezat bersama tomat dan paprika.

Walaupun protein nabati bagus untuk tubuh sebaiknya protein hewani yang juga dibutuhkan oleh tubuh dipenuhi secara seimbang. Oleh karena itu, makanlah makanan yang sehat, dengan bahan-bahan dan pengolahan yang baik agar gizi pada tubuh terpenuhi secara optimal. Protein lengkap terdapat pada telur dan daging yang bisa mudah didapatkan.

Namun, jangan mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan. Sebaiknya apapun itu, jangan konsumsi makanan secara berlebihan untuk menjaga Kesehatan tubuh tetap seimbang. Jalani gaya hidup sehat secara displin hingga menjadi kebiasaan baik yang bisa menjaga Kesehatan tubuh untuk jangka panjang.

Artikel Terkait

Tanda-tanda Kehamilan

Banyak juga wanita yang menantikan tanda-tanda kehamilan apakah sudah muncul atau belum. Karena beberapa wanita masih bingung dengan tanda kehamilan itu sendiri.
Selengkapnya

Pentingnya Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mengatasinya

Speech delay yang biasa terjadi pada anak memiliki sebab-sebab yang perlu orang tua pahami. Karena anak terlambat bicara biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya gangguan di pendengaran anak.
Selengkapnya

Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

Ada beberapa cara dalam menidurkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara yang dapat para orang tua lakukan
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)