Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

27-10-2020 02:39:50
Madu Anak Vitabumin

Protein merupakan makronutrien yang memiliki manfaat dalam membangun massa otot tubuh. Sedangkan jenis dari protein ini ada protein nabati dan juga protein hewani, dimana semua jenis protein tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terutama protein hewani yang memiliki manfaat dapat membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh.

Apa yang dimaksud dengan protein hewani  ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan. Walaupun ada beberapa orang yang menerapkan pola diet vegetarian atau nama lainnya tidak mengkonsumsi daging hewan, maka bukan berarti mereka yang diet vegetarian tidak dapat mendapatkan protein hewani. Karena selain berasal daging ada juga sumber protein hewani yang berupa dari telur dan juga susu.


Keunggulan Protein Hewani

Salah satu keunggulan dari protein hewani ini karena memiliki komposisi asam amino esensial yang lengkap dibandingkan dengan jenis protein nabati.

Bukan hanya itu saja protein hewani ini juga memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap seperti zat besi, asam lemak omega 3, vitamin B12 dan juga vitamin D.

Walaupun protein hewani ini memiliki keunggulan lebih namun anda tidak disarankan untuk mengkonsumsi protein hewani ini secara berlebih terlebih untuk daging merah.

Karena bila mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan dapat berefek pada kesehatan mulai dari penyakit jantung, diabetes dan juga kanker.


Manfaat Protein Hewani

Ada beberapa manfaat protein hewani yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya ialah sebagai berikut:

·         Meminimalisir Risiko Dari Penyakit Jantung

Protein hewani memang memiliki potensi dalam meningkatkan risiko penyakit jantung namun semua itu tergantung dari sumber protein apa yang dikonsumsi. Apabila sering mengkonsumsi daging merah atau produk olahan dari daging merah maka hal ini dapat terjadi. Namun bila mengkonsumsi protein hewani bersumber dari makanan laut maka dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan jenis penyakit kronis lainnya.

·         Mencegah Penurunan Massa Otot

Dalam sebuah penelitian menemukan hasil bahwa memberikan asam amino esensial sekitar 15 gram dalam satu hari dapat membantu menjaga massa otot.

·         Membantu Meningkatkan Performa Tubuh

Manfaat selanjutnya dari protein hewani ini ialah dapat membantu meningkatkan performa tubuh terlebih bagi seseorang yang sangat aktif dalam melakukan kegiatan fisik contohnya seperti sering berolahraga. Dengan sering melakukan olahraga ini membuat tubuh tidak lepas dari asam amino esensial yang terkandung di dalam protein hewani.

Asam amino sangat efektif dalam membantu meningkatkan para performa atlet olahraga. Bukan hanya itu saja asam lemak amino ini juga dapat membantu mempercepat pemulihan otot yang mengalami cidera sehabis melakukan suatu aktivitas.

Makanan Sumber Protein Hewani

Sesudah mengetahui manfaat dari protein hewani ini selanjutnya kita harus mengetahui makanan sumber protein hewani. Berikut makanan sumber protein hewani:

·         Daging Ayam

Daging ayam tanpa ada kulit merupakan kaya akan protein hewani dan tidak mengandung lemak selain itu juga akan sangat baik untuk kesehatan. Selain jumlah kalorinya rendah, daging ayam ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B12, selenium dan niasin.

·         Makanan Laut

Makanan laut jenis ikan dan juga kerang mengandung protein hewani yang tinggi. Didalam kandungan makanan laut ini mengandung asam lemak omega 3, asam lemak tak jenuh, mineral, vitamin A, vitamin B6, vitamin B12 dan juga vitamin D.

·         Telur

Dibandingkan dengan jenis makanan sumber protein hewani yang ada, telur merupakan salah satu sumber protein yang terbaik dan sangat mudah didapatkan karena harga dari telur sendiri sangat terjangkau. Kadar protein hewani paling tinggi dari telur ini ialah terdapat pada bagian putih telurnya.

·         Prodak Susu, Keju dan Yoghurt

Prodak susu, keju dan juga yoghurt memang telah lama dikenal sebagai sumber protein, kalsium dan juga vitamin D. Saat ini banyak sekali jenis susu, maka dari itu dianjurkan untuk mengkonsumsi susu skim atau lebih dikenal dengan susu rendah lemak karena akan sangat baik dalam menjaga tulang serta gigi agar tetap kuat dan dapat membantu dalam mencegah terjadinya osteoporosis.

Untuk memenuhi agar gizi tetap seimbang maka dianjurkan agar mengkonsumsi makanan sumber protein hewani 2 sampai 3 porsi dalam satu hari dimana tetap ada mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan. 

Artikel Terkait

Tanda-tanda Kehamilan

Banyak juga wanita yang menantikan tanda-tanda kehamilan apakah sudah muncul atau belum. Karena beberapa wanita masih bingung dengan tanda kehamilan itu sendiri.
Selengkapnya

Pentingnya Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mengatasinya

Speech delay yang biasa terjadi pada anak memiliki sebab-sebab yang perlu orang tua pahami. Karena anak terlambat bicara biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya gangguan di pendengaran anak.
Selengkapnya

Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

Ada beberapa cara dalam menidurkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara yang dapat para orang tua lakukan
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)