Pentingnya Tahu Penyebab Anak Terlambat Bicara dan Cara Mengatasinya

04-11-2020 02:03:15
Madu Anak Vitabumin

Speech delay yang biasa terjadi pada anak memiliki sebab-sebab yang perlu orang tua pahami. Karena anak terlambat bicara biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah adanya gangguan di pendengaran anak. Keterlambatan anak pada masa tumbuh kembangnya memang terkadang bisa membuat para orang tua panik dan bingung bagaimana mengatasinya. Dengan begitu, pastikan untuk tetap tenang dalam menyikapi banyak hal seputar dunia anak.

Bicara merupakan salah satu hal penting yang ada dalam diri seseorang. Karena berbicara adalah bentuk verbal sebuah bahasa yang berguna untuk memudahkan komunikasi sehari-hari. Namun kebanyakan anak terlambat bicara belum tentu tak bisa bicara selamanya atau bisu. Itu sebabnya penting bagi orang tua dalam memahami pentingnya memperhatikan proses perkembangan anak di banyak hal, salah satunya perkembangan bicaranya.

Ciri Anak Terlambat Bicara

Secara garis besar perkembangan motoric pada anak terdiri dari beberapa hal termasuk bahasa itu sendiri. Keterlambatan dalam bicara yang paling sering terjadi pada perkembangan anak. Penyebabnya bisa sangat kompleks dan luas. Tanda atau ciri-cirinya pun bisa sangat beragam dan tiap anak bisa berbeda tergantung kondisi masing-masing anak.

Berikut ini ciri-ciri anak terlambat bicara yang perliu diwaspadai oleh orang tua:

  • Memasuki 1 tahun usia anak, ia tak melakukan babbling maka orang tua perlu mencari tahu apa yang membuatnya terlambat bicara.
  • Saat berusia 15 bulan si kecil tidak mampu menunjuk 5 dari 10 object yang disebutkan atau tidak bisa mengucapkan 3 kata di usia tersebut, orang tua perlu ambil sikap.
  • Di usia 18 bulan, anak tidak mampu mengikuti minimal satu instruksi yang dikatakan untuk ditirukan misal menyebutkan satu kata “mama”.
  • Ketika anak masuk usia 2 tahun, ia tidak bisa menunjukkan gambar yang disebutkan dan tidak mampu mengucapkan kurang lebih 25 kata maka orang tua perlu waspada.
  • Si kecil tidak bisa merespon secara bahasa atau verbal di usianya yang ke 2,5 tahun. Bahkan tidak bisa merespon dengan menggelengkan atau menganggukkan kepalanya.
  • Masuk usia 3 tahun si kecil kurang aktif dalam mengikuti sebuah perintah yang ditujukan padanya serta tidak mampu menyebutkan minimal 200 kata dalam sehari.
  • Mulai menurun kemampuannya dalam bersosial di usianya yang ke berapa pun.
  • Si kecil jarang mengeluarkan suara-suara dari waktu ke waktu.
  • Kosa kata yang dimiliki si kecil juga sangat minim atau terbatas seiring bertambah usianya.

Ketika sang buah hati mengalami hal-hal di atas, maka orang tua perlu untuk waspada dan segera mengantisipasinya dengan cara yang tepat. Karena kebanyakan orang tua menganggap hal-hal kecil atas keterlambatan bicara sang anak adalah hal sepele yang bisa ditunggu atau ditunda. Padahal mendeteksi keterlambatan bicara anak sejak dini bisa membuat proses penyembuhan anak menjadi lebih cepat sebelum terlambat.

Penyebab Speech Delay Pada Anak

Tanda-tanda anak terlambat bicara memang sebaiknya diketahui sejak dini agar bisa diperbaiki dengan segera. Sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan fasenya secara maksimal. Karena masa emas anak atau bisa dibilang seribu hari pertamanya sangat penting untuk dioptimalkan. Jika mengetahui penyebabnya dengan cepat mengapa anak mengalami terlambat bicara tentu saja mengatasinya juga akan lebih mudah dan cepat.

Penyebab speech delay pada anak bisa beragam dan bergantung pada kondisi anak masing-masing. Berikut ini merupakan faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan bicara pada anak yang biasa terjadi di masa tumbuh kembangnya:

  • Lahir premature
  • Faktor genetic atau keturunan
  • Temperamental
  • Bayi lahir dengan berat rendah
  • Infeksi kronis pada telinga
  • Mengalami gangguan pendengaran
  • Autism
  • Terjadi gangguan otak, misalnya mengalami retardasi mental
  • Organ mulut mengalami gangguan artikulasi
  • Mengalami gangguan bahasa yang spesifik (reseptif atau ekspresif)


Dalam mengatasi anak terlambat bicara, diperlukan usaha yang cukup keras dari orang tua. Bisa dilakukan pendekatan multidisiplin dari ahli Kesehatan atau dokter khusus anak, psikiater dan psikolog. Terapi juga diperlukan menangani keterlambatan bicara anak. Peran Ibu dalam hal ini sangat diperlukan karena bahwasanya bahasa bayi merupakan bahasa ibu yang seharusnya sehari-hari ia dengar.

Orang tua perlu untuk lebih sering mengajak ngobrol si kecil sejak usia dini untuk melatih ia berbicara. Sering mengajak anak bicara juga bisa meningkatkan kosa katanya. Walaupun si kecil belum paham apa yang dikatakan namun setidaknya hal tersebut mampu melatih perkembangan sensoric dan motoric anak dengan baik. Cepat atau lambat si kecil akan paham dan bisa merespon apa yang dikatakan oleh orang lain. Peran orang tua di sini memang sangat dibutuhkan dalam masa perkembangan bahasa anak.

Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Terkadang banyak orang menganggap bahwa anak terlambat bicara merupakan gejala anak autis. Padahal tidak semua anak yang mengalami keterlambatan dalam bicara menderita autism. Oleh karena itu, sebelum menyimpulkan keterlambatan bicara pada anak sebaiknya orang tua memahami penyebab terlambatnya bicara anak agar dapat diatasi.

Pada umumnya, keterlambatan bicara yang terjadi pada anak bisa jadi anak memiliki kelebihan lain yang orang tua tidak ketahui. Kelebihan anak terlambat bicara memang seringkali membuat banyak orang tua terkejut. Beberapa anak bisa mengalami banyak hal yang tidak sesuai dengan perkembangan usianya. Ketika anak mengalami terlambat bicara, bisa jadi mereka unggul atau lebih cepat dibidang lainnya.

Akan tetapi tetap saja orang tua perlu untuk mengawasi perkembangan anak sesuai dengan usianya. Jika ia keluar dari jalur yang semestinya ia bisa pada hal-hal di usianya, orang tua harus segera mengatasinya. Beberapa anak akan tumbuh dengan berbagai macam kendala dan kemudahan, tergantung kondisi dan hal yang mendukungnya bertumbuh. Terapi yang bisa dilakukan antara lain adalah:

  • Sering mengajak anak berbicara sejak dini
  • Sering memberikan pertanyaan pada anak
  • Dapat mengajarkan anak bahasa isyarat
  • Menirukan anak saat berbicara
  • Membenarkan kosakata yang salah pada anak
  • Melakukan permainan sambil bebincang atau berbicara
  • Mengajak anak bermain dengan berbagai macam media dan benda
  • Jangan berkata cadel atau tidak jelas pada anak, pastikan berkata dengan jelas
  • Membiarkan anak bermain dengan teman-temanya menjadi salah satu alternative yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri anak dan kosakatanya
  • Mencukupi kebutuhan vitamin D pada tubuh anak
  • Konsultasikan kondisi anak bersama psikolog
  • Melatih anak menggunakan sedotan bisa menjadi pilihan dalam terapi alami keterlambatan bicara anak

 

Banyak terapi dan cara terbaik yang bisa dilakukan dalam mengatasi anak terlambat bicara untuk anak. Meskipun dalam hal ini orang tua dituntut memiliki kesabaran ekstra, hadapi dengan tenang dan jangan panik ya. Karena setiap anak tumbuh dengan keunikannya masing-masing sehingga setiap anak adalah istimewa dan special yang perlu dibimbing dalam tumbuh kembangnya. Usahakan memberikan asupan yang dibutuhkan oleh anak-anak sejak dalam kandungan. Asupan gizi dan nutrisi yang terpenuhi menjadi penunjang terbaik pada masa perkembangan anak-anak.

Artikel Terkait

Tanda-tanda Kehamilan

Banyak juga wanita yang menantikan tanda-tanda kehamilan apakah sudah muncul atau belum. Karena beberapa wanita masih bingung dengan tanda kehamilan itu sendiri.
Selengkapnya

Cara Menidurkan Bayi Yang Susah Tidur

Ada beberapa cara dalam menidurkan bayi yang susah tidur, berikut beberapa cara yang dapat para orang tua lakukan
Selengkapnya

Mengenal Lebih Dekat Apa yang Dimaksud Dengan Protein Nabati dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Apa yang dimaksud dengan protein nabati sih? Mari mengenal lebih dekat dengan protein yang satu ini.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)