Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Susah Makan

14-10-2020 08:59:27
Madu Anak Vitabumin


Anak yang susah makan pasti akan membuat para orang tua menjadi pusing. Dalam mengembalikan nafsu makan anak agar tidak susah makan lagi sebaiknya orang tua perlu untuk mengetahui apa saja penyebab anak susah makan terjadi? Sebelum nya setelah melewati usia sekitar 6 bulan kebutuhan ASI untuk anak pasti tidak akan mencukupi maka dari itu anak pasti akan membutuhkan asupan nutrisi lain dan lebih banyak lagi seperti asupan karbohidrat, protein, lemak, serat dan juga mikro nutrient lainnya.

Namun pada kenyataannya memberikan makanan kepada anak itu tidak semudah yang dibayangkan. Pasti ada juga masanya dimana si kecil akan memilih makanan yang akan dikonsumsinya. Nafsu makan anak memang dapat menurun akibat dari faktor kecepatan pertumbuhan atau yang biasa disebut dengan anoreksia psikologis.

Dengan keadaan yang seperti ini dapat membuat pertambahan berat badan anak lebih rendah dibandingkan di tahun pertamanya. Di tahun pertamanya ini anak dapat meningkatkan berat badan nya sekitar lima sampai enam kilogram sedangkan untuk tahun berikutnya kenaikan berat badan anak hanya sekitar berata rata 2 kilogram per tahunnya dan bisa saja juga dalam beberapa bulan anak tidak mengalami kenaikan berat badan.

Penyebab Anak Susah Makan

Pasti ada beberapa penyebab anak susah makan, di mulai dari kondisi yang normal terjadi hingga kondisi parah yang butuh penanganan. Berikut beberapa penyebab anak susah makan yang harus diketahui oleh para orang tua agar tidak terlalu khawatir:

·         Stress

Bukan hanya masalah fisik yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi ini, masalah psikis pun dapat menyebabkan anak menjadi susah makan, dimana stress dapat berdampak pada emosi negative si kecil yang dapat menyebabkan si kecil menjadi susah makan dan merambat ke sulit tidur.

Stress yang terjadi pada anak dapat disebabkan dari beberapa kondisi seperti hewan peliharaan si kecil mati, masalah di sekolah seperti tekanan orang tua nya akibat dari nilai akademis dan bullying pun mempengaruhi kenapa anak menjadi susah makan.

·         Depresi

Selain stress, depresi pun dapat menjadi penyebab psikologis lain yang mengakibatkan anak menjadi susah makan. Keadaan ini bukan hanya dapat dirasakan oleh orang dewasa saja namun juga dapat dirasakan oleh anak-anak. Tetatpi ternyata orang tua juga terkadang sulit dalam membedakan antara perasaan sedih yang dialami dengan kondisi depresi.

Ciri khas yang dapat terlihat ialah gangguan di kehidupan normal termasuk gangguan pada kebiasaan makan anak. Ciri lain yang dapat diperhatikan juga dapat dilihat darihilangnya minat pada sesuatu yang membuat si kecil merasa semangat pada setiap harinya. Bila anak mengalami ciri seperti diatas sebaiknya segera konsultasikan ke dokter anak.

·         Cacingan

Penyakit cacingan merupakan sebuah masalah kesehatan yang dapat memperngaruhi nafsu makan anak. Adanya cacing tambang yang bersarang di dalam tubuh anak ini dapat menyebabkan seserapa masalah pada pencernaan anak.

Selain kondisi nafsu makan anak yang menjadi buruk, masalah pencernaan seperti terjadinya peradangan, disentri sampai ke perdarahan usus. Bila si kecil mengalaminya maka berat badan anak akan sulit naik atau turun drastis.

·         Anemia

Penyebab lain dari anak susah makan yang harus diperhatikan oleh orang tua ialah anemia. Bila anak mengalami susah makan diikuti dengan rasa lemas, letih, lesu dan lunlai maka waspadalah dengan gejala kondisi ini.

Si anak pun akan menjadi lebih cepat marah dan menjadi lebih rewel dari biasanya. Anemia sebaiknya tidak disepelekan karena dapat mempengaruhi kecerdasan anak ataupun aspek tumbuh kembang anak yang lain.

·         Anorexia Nervosa

Pada kasus yang ekstrem anak dapat mengalami masalah psikologis terkait dengan asupan makan nya seperti anoreksia nervosa. Dalam kondisi yang seperti ini anak menjadi susah makan bahkan bila anak mengkonsumsi makanan maka anak akan merasa bersalah karena sudah memakannya.

Gangguan psikologis ini dapat disebabkan karena faktor genetika, ketidakseimbangan kimia otak dan masalah perkembangan anak. Bila anak mengalami kondisi ini sebaiknya segera konsultasikan anak ke dokter anak.

·         Konstipasi

Kesulitan buang air besar atau sering disebut dengan konstipasiini dapat mempengaruhi banyak hal termasuk dalam keinginan anak untuk makan. Ketika anak tidak mengalami buang air besar atau BAB dua sampai tiga hari berturut-turut dapat menjadi tanda ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan anak. Bila anak mengalami hal ini para orang tua dapat memberikan obat smebelit kepada anak.

 

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Setelah mengetahui apa penyebab anak menjadi susah makan, maka langkah selanjutnya ialah mencari cara mengatasi anak susah makan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan para orang tua agar anak menjadi memiliki nafsu makan lagi dan tidak mengalami susah makan lagi.

Berikut beberapa cara mengatasi anak susah makan:

  • Membuat suasana makan menjadi menyenangkan, seperti dengan membuat makanan tampak menarik atau cara pemberian makanan yang tidak memaksa yang dapat menimbulkan rasa trauma.
  • Melibatkan anak dalam proses pembuatan makanannya sehingga membuat anak menjadi ingin mengkonsumsi makanan yang di buatnya, bukan hanya itu saja car aini dapat dijadikan bonding sebagai orang tua dan anak.
  • Bila khawatir dengan asupan zat gizi dalam makanan anak, maka orang tua dapat menambahkan memberikan vitamin yang telah terbukti khasiatnya.
  • Jangan terlalu lama ketika memberikan makan kepada anak. Usahakan untuk maksimal tiga puluh menit saja, bila makanan anak belum habis maka tidak usah untuk memaksa anak agar tetap menghabiskan makanannya.
  • Cobalah untuk membiasakan makan bersama keluarga agar dapat meningkatkan kebersamaan dan menjadikan sebuah pengalaman yang menyenangkan.
  • Batasi asupan camilan anak terlebih camilan anak yang kurang sehat.
  • Biasakan waktu makan si kecil dan sajikan makanan anak dalam porsi yang lebih sedikit.
  • Berkomunikasi atau bertanya dengan anak mengenai menu makanan pilihan anak.

 

Mulai sekarang cobalah untuk mencermati kondisi yang terjadi pada anak terlebih pada masalah makan yang dialami oleh si kecil.

 

Paramorina Vitamin Untuk Anak Susah Makan

Setelah kita mengetahui penyebab anak susah makan dan mengetahui cara mengatasi anak susah makan maka langkah selanjutnya ialah dengan memberikan suplemen multivitamin anak yaitu Paramorina. Paramorina sendiri merupakan suplemen yang diformulasikan khusus untuk anak susah makan karena dapat meningkatkan nafsu makan anak.

Selain itu juga Paramorina dapat membantu dalam memelihara kesehatan terlebih yang sedang dalam masa pertumbuhan tumbuh kembang. Kandungan yang ada dalam Paramorina sendiri sangat banyak dan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh.

Kandungan tersebut diantaranya ada madu, habbatussauda, curcuma domestica (kunyit), temulawak, cengkeh, adas, bee pollen, sari kurma, kayu manis, jahe, peppermint, legundi, bawang putih, daun dewa, moringa, propolis, royal jelly dan juga pegagan.

Kandungan yang sudah disebutkan tersebut merupakan kebaikan alam yang sangat berperan penting dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Bukan hanya itu saja Paramorina ini juga dapat membantu memaksimalkan perkembangan otak anak. 

Artikel Terkait

Posisi Tidur Yang Baik Untuk Meninggikan Badan

Kita harus mengetahui posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan. Berikut posisi tidur yang baik untuk meninggikan badan
Selengkapnya

Apa yang dimaksud Dengan Protein Hewani?

Apa yang dimaksud dengan protein hewani ialah protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya yang berasal dari hewan
Selengkapnya

Inilah Beberapa Suhu Badan Normal Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Suhu badan normal anak biasanya pada tiap anak itu berbeda-beda. Jadi orang tua perlu paham betul kondisi si kecil dengan baik.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)