Bagaimana jika Anak Anda Kidal?

09-07-2020 04:06:21
Madu Anak Vitabumin

Kidal sebenarnya bukan permasalahan besar jika memang anak masih sehat dan bisa menjalani kehidupan sosial yang normal.

Hanya saja, yang menjadi permasalahan adalah benturan kebiasaan terutama di Indonesia. Umumnya menulis atau beraktivitas aktif itu menggunakan tangan kanan.

Kalau menilik mitos zaman dahulu yang kesannya mendeskriditkan orang-orang dengan tangan kidal justru penelitian modern mengungkapkan anak kidal itu bisa jadi lebih cerdas dari anak lainnya. Ada kontrol otak yang berjalan dengan baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak kidal sama sekali.

Tapi, bukan berarti kidal dan non kidal itu menjadi saingan atau perbandingan. Semua anak terlahir spesial, artinya tidak ada satu hal pun yang patut diperbandingkan antara anak satu dan lainnya.

Masing-masing tumbuh dan berkembang sesuai dengan porsinya sendiri-sendiri. Berkenaan dengan tangan kidal, justru ada beberapa fakta menarik yang bisa diketahui oleh semua orang di dunia.

Fakta Anak Kidal di Dunia

Fakta pertama, orang dengan tangan kidal memiliki persentase di seluruh dunia sebanyak 12 persen.

Sementara sebanyak 30 persen lainnya menggunakan tangan kanan dan tangan kiri secar bergantian. Bisa dihitung sisanya sudah pasti menggunakan tangan kanan lebih banyak dari tangan kirinya.

Kidal memiliki efek yang penting bagi otak, di mana setiap orang harus memahami bahwa sistem kerja otak itu saling silang. Artinya, kalau tangan kanan lebih sering digunakan berarti otak kiri yang kerap dipergunakan.

Demikian sebaliknya, kalau kidal berarti otak kanan yang banyak difungsikan. Yang menguntungkan adalah orang dengan penggunaan tangan bergantian, bisa mengontrol kedua otak.

Jika mengaitkan dengan pekerjaan, penderita kidal memang tidak akan memberikan produktivitas lebih baik dibandingkan orang yang tidak kidal.

Itu kalau posisinya sebagai pekerja. Lain lagi kalau orang dengan tangan kidal itu mau menciptakan lapangan pekerjaan, sungguh bukan hal mustahil diwujudkan.

Fakta terakhir yang akan dibahas mengenai orang dengan tangan kidal adalah kemungkinan besarnya menurun dari orang tua.

Bisa jadi ayah yang kidal atau ibu yang kidal atau bahkan keduanya memiliki tangan kidal. Faktor genetik memang menjadi pemicu paling besar dan utama untuk tangan kidal.


Penyebab Tangan Anak Kidal

Jika ditelusuri lebih jauh, penyebab tangan kidal pada anak itu sebenarnya sudah dapat ditemukan ketika usia anak masih 8 minggu di dalam kandungan.

Ketika melakukan USG dan sudah bisa terlihat jelas bagian-bagian tubuh si kecil, orang tua bisa menanyakan tangan mana yang aktif digunakan si kecil. Artinya, apakah posisinya si kecil sedang mengemut jari sendiri dan bagian tangan kanan atau kiri.

Penyebab berikutnya kenapa anak bisa kidal itu disebabkan oleh dorongan saraf pada sumsum tulang belakang.

Jadi, penelitian yang dilakukan oleh Belanda, Inggris, dan Cina ini sekaligus mematahkan anggapan bahwa penyebab orang dengan tangan kidal itu, karena adanya dorongan dari otak anak.

Selanjutnya, jika dicari tahu lebih jauh sebab tangan anak bisa kidal itu karena turunan dari ayah dan ibu si anak pun kidal.

Faktor genetik dalam hal apa pun adalah penyebab paling kuat untuk membuat anak mengalami sebuah kondisi tertentu. Tapi, tidak semua anak dari orang tua kidal juga akan kidal total.

Terakhir, jika bukan dari kandungan dan juga bukan dari faktor genetik, bisa jadi penyebab tangan anak kidal itu karena terpapar lingkungan sekitar.

Bisa saja dari lahir tidak kidal, tapi karena lingkungannya kidal dan kerap menggunakan tangan kiri, anak pun jadi mulai terbiasa menggunakan tangan kirinya.


Perlukah Kidal Disembuhkan?

Berbahayakah kidal atau pentingkah kidal diatasi seolah harus segera dihentikan? Jawabannya bergantung pada masing-masing orang tua. Namun, jika menelisik kasus yang berkembang tentang anak kidal, seyogyanya orang tua harus paham beberapa hal.

Pertama, anak yangk kidal seyogyanya tidak dipaksa berubah. Sebab anak tidak akan merasa ada yang salah ketika semuanya sudah biasa dilakukan.

Penting untuk dicatat bahwa tangan mana yang bergerak dipengaruhi oleh otak bagian sebaliknya.

Artinya, ketika anak bersalaman atau makan menggunakan tangan kiri, otomatis otak kanan sedang bekerja. Orang tua jangan dulu menghardik, namun bisa memberikan pengertian untuk sang anak.

Hal kedua yang harus diperhatikan oleh anak dengan kepemilikan tangan kidal adalah orang tua bisa memperbaikinya sedari kecil.

Misal, dari batita orang tua harus sudah tahu anak ada kecenderungan kidal atau tidak. Caranya, letakkan berbagai benda di tengah anak dan biarkan anak mengambilnya.

Kalau anak kidal, pasti lebih banyak menggunakan tangan kiri, tapi dengan penyimpanan barang di tengah ini diharapkan anak akan terdorong menggunakan tangan kanannya.

Pelatihan dalam bentuk apapun untuk si kecil membutuhkan waktu, orang tua diharap bersabar menjalani prosesnya. Jangan pelit juga dengan pemberian apresiasi supaya sang anak merasa dihargai dan senang saat belajar lagi.

Artikel Terkait

Susu Pasteurisasi

Sebenarnya apa sih susu pasteurisasi itu? Susu pasteurisasi merupakan sebuah proses pemanasan pada susu segar sebelum susu segar tersebut siap untuk dikonsumsi.
Selengkapnya

Kenapa Bayi Sering Kentut

Sehingga gas akan terperangkap di dalam usus sehingga menyebabkan rasa sakit ketika dilewati. Dengan keadaan yang seperti inilah penyebab dari kenapa bayi sering kentut.
Selengkapnya

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase

Tahap Oogenesis Pada Bayi Perempuan Yang Baru Lahir Telah Sampai Pada Fase
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)