Kenali Apa yang Menjadi Penyebab dari Radang Amandel Pada Anak Terjadi

02-11-2020 09:28:46
Madu Anak Vitabumin


Amandel merupakan peradangan yang disebabkan infeksi oleh bakteri atau virus yang terjadi pada tonsil anak. Pada umumnya amandel atau infeksi tonsillitis ini dapat terjadi dipengaruhi oleh beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Karena amandel dapat berlangsung beberapa saat atau tidak konsisten di mana dapat kambuh kapan saja.

Radang amandel pada anak dapat di atasi di rumah jika hal tersebut memungkinkan. Lalu apakah amandel perlu untuk dioperasi atau dihilangkan? Operasi tonsillectomy atau radang amandel pada anak sebetulnya tidak perlu untuk dioperasi jika tidak terjadi terlalu sering terjadi dan tidak mengalami infeksi parah.

Karena radang amandel boleh dioperasi jika saja anak mulai mengalami kesulitan-kesulitan. Misalnya anak mulai susah untuk menelan dan juga kesulitan bernapas. Maka operasi pun menjadi jalan terbaik untuk mengatasinya.

Amandel dapat menjangkiti anak-anak di usia prasekolah atau pada pertengahan remaja yaitu berkisar usia 6-15 tahun. Radang amandel pada anak bisa dengan mudah menyerang anak saat ketahanan tubuhnya lemah atau menurun.

Radang amandel lebih mudah menyerang saat anak demam tinggi, flu dan batuk. Pada kondisi seperti itu, daya tahan tubuh anak tentu sedang turun sehingga menyebabkan radang amandel mudah menyerang.

artikel terkait : tanda tanda awal kehamilan

Mengenali Radang Amandel Pada Anak

Radang amandel pada anak bisa ditandai dengan berbagai macam masalah Kesehatan. Karena radang amandel memiliki beberapa tanda yang khas yang bisa menjadi penandanya.

Ciri umumnya yaitu amandel menjadi bengkak hingga menyebabkan anak sakit tenggorokan. Ciri-ciri lain dari radang amandel antara lain:

  • Sakit kepala
  • Tenggorokan sakit
  • Nyeri saat menelan
  • Demam disertai flu
  • Mendengkur saat tidur
  • Nyeri pada otot
  • Tenggorokan kering hingga serak
  • Bagian leher dan telinga terasa sakit
  • Tubuh menjadi lemas atau lesu
  • Terjadi pembesaran tonsil
  • Nafsu makan anak menurun
  • Anak sering menarik telinga
  • Napas berbau tidak sedap
  • Suara menjadi serak dan sakit

Sakit radang amandel memang kerap menjadi kendala yang serius jika tidak segera diantisipasi. Karena banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan amandel pada anak meradang.
Jika anak mulai menunjukkan tanda-tanda seperti yang dipaparkan di atas maka sebaiknya orang tua segera mengobatinya agar radang amandel anak tidak menjadi kronis atau parah. Karena semakin cepat diantisipasi akan cepat pula menyembuhkan radang amandel yang terjadi pada anak. 

Lalu bagaimana cara yang tepat dalam mengatasi radang amandel pada anak ini? Tentu saja banyak cara dalam menangani radang amandel yang terjadi. Jika amandel anak belum dikatakan kronis maka penyembuhannya pun juga bisa orang tua lakukan di rumah.

Misalnya saja membuat anak untuk tetap menjaga pola makan sehat dan istirahat cukup untuk memulihkan tubuh. Karena radang amandel bisa mengecil atau ke bentuk normal apabila diatasi dengan benar.

Mengatasi Radang Amandel yang Terjadi Pada Anak


Jika anak mengalami radang amandel seperti ciri-ciri yang disebutkan di atas, maka obati dengan segera sebelum radang semakin memburuk. Oleh karena itu, orang tua perlu tips dalam mengatasi radang amandel pada anak dengan benar. Berikut tips mengatasinya:

1.Menggunakan Obat Atau Cara Medis

Antibiotic
Beberapa obat antibiotic memang dikhususkan untuk melawan bakteri atau virus yang mampu menyebabkan radang pada amandel. Untuk mendapatkan antibiotic yang tepat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Asetaminofen
Biasanya asetaminofen digunakan untuk mengurangi demam dan rasa sakit. Tanpa resep dokter asetaminofen bisa didapatkan dengan mudah di apotek-apotek terdekat. Tetapi untuk amannya, bisa diskusikan terlebih dahulu pada dokter. Karena asetaminofen termasuk obat keras yang bisa menyebabkan kerusakan pada organ dalam tubuh, seperti pada hati.
 
Operasi
Pengobatan yang satu ini tentu harus dengan aba-aba dari dokter. Ya, operasi amandel pada anak tentu membutuhkan petunjuk dari dokter. Apabila radang amandel pada anak sudah parah atau kronis maka pengangkatan amandel melalu jalur operasi perlu untuk dilakukan dengan segera.

2.Pengobatan yang dilakukan di Rumah

Mengobati radang amandel pada anak yang tergolong masih ringan bisa dilakukan di rumah dan dengan cara-cara sederhana. Oleh karena itu, saat gejala radang amandel pada anak terjadi orang tua tidak perlu buru-buru membawanya ke dokter karena bisa melakukan pertolongan atau pengobatan di rumah. Berikut cara-cara mengatasi radang amandel yang bisa dilakukan di rumah:

    • Menjaga pola makan anak tetap sehat, jika susah untuk menelan bisa memberikan jus buah-buahan dan sayuran untuk mencukupi vitamin di dalam tubuhnya.
    • Anak harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar kondisi tubuhnya tidak lemas sehingga proses penyembuhan bisa cepat.
    • Suruh anak untuk berkumur dengan menggunakan air garam suam suam kuku sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari.
    • Kompres leher anak menggunakan handuk hangat setiap hari hingga radang amandel pada anak sembuh.
    • Pastikan anak mendapatkan cukup air untuk dikonsumsi agar tidak dehidrasi.
    • Hindari makanan pedas, goreng-gorengan dan makanan-makanan instant seperti junkfood atau fastfood agar radang amandel tidak semakin memburuk.
    • Suruh anak untuk bicara lebih pelan dari biasanya agar serak yang disebabkan oleh radang amandel tidak semakin parah.
    • Berikan makanan bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh anak dengan segera.

    Langkah-langkah dalam mengatasi radang tenggorokan di atas bisa dicoba ya. Karena mengatasi dengan segera radang amandel pada anak dapat membuat proses penyembuhan juga ringan dan cepat.

    Peran orang tua menjadi sangat diperlukan dalam hal ini karena tanpa bimbingan orang tua tentu saja penyembuhan radang amandel akan semakin lama.

    Sebaiknya orang tua juga menjaga kebersihan lingkungan sekitar anak, misalnya di dalam rumah atau di luar rumah seperti taman rumah untuk rajin dibersihkan setiap hari.

    Karena bakteri dan virus bisa kapan saja menyerang anak karena menempel pada benda-benda yang anak pegang. Itulah sarana paling cepat bakteri dan virus bisa masuk ke tubuh anak.

    Apalagi jika anak seringkali mau makan tidak mencuci tangan atau saat dari luar rumah mereka tidak beres-beres badan terlebih dahulu. Penting di sini mengajarkan anak-anak untuk rajin mencuci tangan.

    Orang tua bisa menerapkan kebersihan diri pada anak sejak usia dini. Dimulai dari hal yang sederhana seperti rajin cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Lalu juga pada saat anak setelah menggunakan atau dari kamar mandi, pastikan mereka untuk mencuci tangan mereka setelahnya.

    Hal-hal sederhana yang mampu membuat kebiasaan-kebiasaan baik pada anak bisa orang tua ajarkan sejak dini. Karena mengajarkan anak untuk memiliki gaya hidup sehat akan menguntungkan mereka di masa depannya nanti.

    Tidak hanya itu, namun juga membuat anak tetap terjaga kesehatannya sehingga mereka tidak mudah jatuh sakit.

    Anak dengan penerapan gaya hidup dan pola makan sehat sejak dini lebih berpotensi memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan anak yang tidak menerapkannya.

    Jadi, yuk, mulai sekarang lebih peduli terhadap apa yang anak-anak konsumsi dan juga kebersihan diri mereka untuk menjauhkan bakteri atau virus penyebab sakit, termasuk amandel pada anak terjadi.

    Artikel Terkait

    Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

    Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
    Selengkapnya

    Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

    Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
    Selengkapnya

    Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

    Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
    Selengkapnya
    Madu Anak Vitabumin

    Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
    Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

    Madu Anak Vitabumin
    0800-1-301-668
    (Bebas Pulsa)
    (0274) 272 4711
    (Fixed Line)
    (0274) 2724711
    (Fixed Line)
    Madu Anak Vitabumin
    0811 273 8880
    (Telp/SMS/Whatsapp)