Aktivitas Bayi Dalam Kandungan

17-09-2020 08:44:42
Madu Anak Vitabumin

Perkembangan dan pertumbuhan calon bayi di dalam kandungan memang sangat penting. Maka dari itu perkembangan janin akan selalu dipantau.

Selain perkembangan fisik ada satu hal lagi yang dapat dipantau ialah kegiatan atau aktivitas bayi dalam kandungan. Lalu apa saja aktifitas bayi dalam kandungan ibu? Berikut penjelasannya:

1.      Tidur dan Terbangun

Di awal kehamilan calon bayi dalam kandungan akan beraktifitas layaknya seperti bayi yang baru lahir, yaitu calon bayi akan tidur, bergerak, mendengarkan berbagai suara, membangun pikiran serta ingatan.

Namun memang kegiatan lebih banyak nya seorang bayi ialah tidur sepanjang hari karena bayi mengalami siklus tidur lelap. REM (Rapid Eye Movement) merupakan di mana bayi dapat bermimpi layaknya orang dewasa serta tidur ayam (antara terbangun dan tertidur).

Para ahli juga telah melakukan penelitian dimana menemukan suatu hasil bahwa bayi dapat memasuki kondisi tidur bermimpi selama seminggu sebelum REM pertama terlihat.

REM pertama terlihat ketika calon bayi berusia sekitar 7 bulan. Perubahan siklus antara REM sleep dengan non REM sleep pada otak akan berlangsung setiap 20 hingga 40 menit.

 

2.      Bergerak dan Bermain

Bayi dapat pertama kali melakukan gerakan terjadi di minggu kesembilan dari kehamilan. Pada minggu ke 13 bayi dapat memasukkan ibu jari ke dalam mulutnya meskipun otot bisep nya belum berkembang dengan sempurna.

Gerakan otot sadar atau yang disengaja oleh bayi pertama kali dapat terjadi sekitar di minggu ke 16. Bayi sendiri bergerak sebanyak 50 kali setiap jam nya. Bayi menggerakkan kepala, wajah, lengan, menyentuh tangan yang satu dengan yang lain atau mneyentuh kaki nya ke tangan nya.

Memasuki minggu ke 37 bayi telah berkembang koordinasi gerakkannya sehingga bayi dapat menggenggam dengan jari nya. Calon bayi juga dapat bereaksi terhadap gerakan ibu nya. Ketika melakukan tes USG bayi akan terlihat bergerak ke atas dan juga ke bawah ketika si ibu sedang tertawa.

Bayi juga biasanya akan bergerak lebih kencang ketika si ibu tertawa lebih keras. Dengan begitu calon ibu dan ayah dapat mengajak calon bayi yang ada di dalam kandungan bermain dan bercanda bersama-sama.

 

3.      Mendengar dan Belajar

Bayi sudah mulai mendengar secara utuh pada trimester ketiga, namun beberapa peneilitian menunjukkan bila bayi juga sudah dapat mendengar suara paling awal di usia 20 minggu dan sudah dapat terkejut karena suara keras di usia 25 minggu.

Suara yang sangat keras dapat mengubah ritme jantung bahkan bisa membuat menyebabkan kekosongan kandung kemih mereka. Maka berhati-hatilah dengan suara yang dapat mengagetkan misal seperti bunyi alarm atau pun nada dering ponsel.

Suara yang berasal dari luar tubuh memang akan agak teredam namun masih dapat terdengar oleh bayi dengan begitu jelas. Hal ini dapat terjadi karena ada sebuah penjelasan bahwa suara dengan frekuensi rendah akan cenderung lebih terdengar dari pada frekuensi yang tinggi. Seperti suara laki-laki lebih jelas dari pada suara wanita sehingga akan lebih mudah dikenali oleh calon bayi.

Bukan hanya itu saja di dalam kandungan bayi dapat mengenali pola serta intonasi suara secara spesifik walaupun calon bayi tidak mengenali kata tersebut.

Beberapa para peniliti juga menunjukkan bila bayi yang telah lahir dapat mengenali serta merasa nyaman dengan sebuah cerita yang di ulang-ulang diceritakan kepada si bayi ketika mereka masih ada di dalam kandungan. Tak terkecuali bila si ibu dahulunya sering mendengar lagu-lagu tertentu  selama kehamilan si bayi pun akan hafal.

 

4.      Bernafas dan Menangis

Tali pusar akan menghantarkan oksigen yang dibutuhkan oleh bayi dalam kandungan, sehingga bayi akan mulai berlatih bernafas dan merupakan sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh bayi ketika ia akan lahir nanti.

Bayi dapat melakukan hal ini di usia Sembilan minggu dan akan terus berusaha untuk menyempurnakan. Nafas pertama bayi nantinya akan dipicu oleh perubahan suhu dan lingkungan ketika dia keluar dari perut ibu nya dan hadir di dunia.

Di dalam perut ternyata bayi juga dapat menangis, menangis merupakan cara berkomunikasi yang penting untuk bayi karena ia harus berlatih sampai sempurna sebelum lahir didunia. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)