6 Tips Agar Bisa Menabung Setiap Hari dengan Mudah

16-09-2020 02:36:44
Madu Anak Vitabumin

Selain menerapkan gaya hidupsehat, yang susah untuk dilakukan adalah menabung. Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian orang tidak bisa menyisihkan separuh gaji tiap bulannya untuk ditabung. Menghemat uang setiap bulan seperti hal yang mustahil bagi sebagian orang. Oleh karena itu, mereka membutuhkan tips agar bisa menabung setiap hari untuk menyediakan dana cadangan dalam kondisi darurat.

Manfaat berhemat sebetulnya sangat bagus jika tiap orang mau dan mampu untuk menerapkannya dalam sehari-hari. Akan tetapi pada kenyataannya menabung setiap hari dirasa berat untuk dilakukan.

Sebelum melakukan kegiatan menabung sebaiknya list beberapa pengeluaran tiap bulan Anda dan masukan beberapa prioritas yang perlu diutamakan. Sisipkan kegiatan menabung menjadi prioritas utama Anda.

Berikut 6 tips agar bisa menabung setiap hari:

1.       Mengubah Kebiasaan Lama

Banyak orang akan mengalami kesulitan dalam hal ini. Karena merubah sebuah kebiasaan tidak semudah seperti yang diucapkan. Ubah kebiasaan dari yang boros saat membeli makan atau barang. Saat akan membeli barang pastikan untuk memikirkan Kembali harga dan tanyakan pada diri sendiri apakah barang tersebut perlu untuk dibeli. Membuang kebiasaan lama yang hobi membeli barang yang nantinya kurang berguna bagi diri sendiri sebaiknya segera dirubah.

2.       Menjaga Konsistensi

Saat akan memutuskan atau memasukkan menabung ke dalam list prioritas sebaiknya jaga itu untuk tetap konsisten dilakukan. Menjaga konsistensi tentu bukan perkara yang mudah. Akan tetapi dengan niat yang kuat tentu Anda mampu untuk melakukannya. Walaupun menabung bukan menjadi prioritas utama, jangan ragu untuk tetap melakukannya dengan konsisten.

3.       Menahan Godaan Belanja

Tiap orang yang belum bisa menabung hingga saat ini tentu memiliki kendala dalam menahan sebuah godaan untuk belanja. Boros di belanja memang tidak mengherankan banyak yang gagal untuk menyisihkan beberapa ribu uang gaji mereka. Dengan begitu latih diri Anda untuk tetap berusaha untuk menahan godaan untuk dapat menabung setiap hari.

4.       Menciptakan Biaya Bulanan Untuk Menekan Anggaran

Menetapkan biaya yang akan dikeluarkan setiap bulan akan memudahkan Anda dalam membatasi diri untuk tidak  boros dalam pengeluaran. Menetapkan biaya tiap bulan untuk menekan anggaran belanja tiap bulan tidak terlalu besar. Cara ini cukup efektif untuk mengontrol pengeluaran bulanan Anda.

5.       Mengurangi Biaya Pengeluaran

Jika tiap bulan Anda mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk hal-hal yang kurang berguna. Sebaiknya mulai menyisir kembali apa saja biaya yang perlu untuk dipangkas. Jika tiap jam makan siang kantor Anda pergi keluar untuk membeli makan, bisa dicoba untuk membawa bekal sendiri dari rumah untuk menghemat pengeluaran. Memasak sendiri juga menjadi hal yang menghemat pengeluaran.

6.       Mengenali Kekurangan Diri Sendiri

Jika Anda merupakan tipe orang yang lapar mata atau bisa dibilang Anda memiliki daya beli tinggi ketika berada di sebuah Mall atau pusat perbelanjaan lainnya sebaiknya kurangi untuk mengunjunginya. Faktor ini menjadi yang paling utama dalam kegagalan menabung. Karena kebiasaan buruk inilah yang dapat menjatuhkan diri sendiri untuk menyisihkan uang. Mengenali kekurangan atau kebiasaan buruk diri sendiri inilah yang penting untuk dilakukan. Bahwa menyadari bahwa kekurangan diri menjadi penghambat untuk mulai menabung bisa menjadi Langkah awal yang baik untuk merubahnya.

Nah, jika ke enam langkah di atas bisa Anda terapkan dengan lancar, maka tidak mustahil Anda akan mampu untuk menabung setiap hari. Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan agar menabung tiap hari berhasil, misalnya saja membelanjakan uang Anda lalu menjadikannya asset rill seperti membeli tanah atau rumah yang nilai jualnya terus meningkat. Selain itu juga bisa dengan membuat sebuah tabungan otomatis yang setiap bulan terpotong dengan otomatis tanpa Anda sadari.

Banyak sekali trik yang bisa Anda gunakan agar menabung menjadi sebuah kebiasaan yang melekat pada diri Anda nantinya. Menabung setiap hari memang menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Sehingga membutuhkan niat serta kemauan yang keras dalam mencapainya. Karena menabung juga tidak hanya menguntungkan diri sendiri namun juga bisa menguntungkan masa depan diri Anda.



artikel terkait : Cerita Malin Kundang

Artikel Terkait

Makanan Sumber Kolin Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Asupan kolin selama masa kehamilan sangat membantu fungsi plasenta untuk dapat mencegah cacat lahir dan juga perkembangan otak janin. Dan bila kekurangan kandungan kolin maka akan menyebabkan beberapa gangguan pertumbuhan janin contohnya seperti preeklampsia dan juga hambatan pertumbuhan intrauterin. Dengan begitu perlu untuk mengetahui makanan sumber kolin untuk ibu hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan sumber kolin untuk ibu hamil.
Selengkapnya

Beberapa Macam Jenis Bahasa Tubuh Negatif Anak Yang Perlu Di Pahami Oleh Para Orang Tua

Bahasa tubuh negatif anak yang perlu di pahami ada beberapa jenis nya, dimana akan dibahas di dalam artikel ini. Bahasa tubuh sendiri dapat dikatakan sebagai sebuah kode bagi seseorang yang tidak dapat mengungkapkan sesuatu, dengan menggunakan bahasa tubuh ini dapat menjadikan sebuah penjelasan dari keadaan tersebut. Terlebih bila bertemu dengan sesorang yang baru pertama kali bertemu bahasa tubuh dapat membantu dalam memahami seseorang yang ingin disampaikan.
Selengkapnya

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)