Mengenalkan Anak 10 Malaikat Dan Tugasnya

15-04-2021 03:52:09
Madu Anak Vitabumin

Seperti yang telah diketahui bahwa di dalam agama Islam dan sebagai seorang muslim maka kita wajib untuk meyakini rukun iman dimana rukun iman itu berjumlah enam.

Dimana salah satu rukun iman yang kedua ialah untuk percaya kepada para malaikat Allah SWT. Iman kepada malaikat Allah SWT sendiri harus diajarkan oleh para orang tua ke anak walaupun sosok malaikat tidak dapat terlihat secara kasat mata.

Maka dari itu si kecil perlu dikenalkan sekitar 10 malaikat dan tugasnya.

Selain itu juga di dalam agama Islam, para malaikat ini di ciptakan dari sebuah cahaya dan bagi semua seorang muslim sangat wajib untuk beriman kepada malaikat Allah SWT.

Malaikat sendiri juga termasuk di dalam makhluk ciptaan Allah SWT dimana malaikat ini selalu taat kepada perintah dari Allah SWT.

Malaikat Allah SWT sebenarnya ada beribuan, namun bagi seorang muslim wajib untuk mengetahui 10 malaikat dan tugasnya apa saja.

Lalu siapa saja 10 malaikat yang perlu diketahui dan apa saja tugasnya? Berikut penjelasannya:

10 Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui 

1. Malaikat Jibril yang bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan ke Rasul Allah SWT

10 malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui pertama ialah Malaikat Jibril.

Malaikat Jibril ini selain bertugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT untuk disampaikan ke para Rasul Allah SWT, juga memiliki tugas lain yaitu mengatur angin, menahan hajat para manusia atau memenuhi hajat para manusia dan juga membawakan rahmat untuk mereka semua yang telah menjaga kesuciannya disaat terjadi sakaratul maut.

2. Malaikat Mikail yang bertugas untuk memberikan rezeki ke makhluk ciptaan Allah SWT

10 malaikat dan tugasnya selanjutnya yang wajib diketahui dan dikenalkan kepada si kecil ialah Malaikat Mikail.

Tugas yang diberikan Allah untuk Malaikat Mikail yang utama ialah untuk memberikan rezki ke seluruh makhluk ciptaan Allah yang ada di alam semesta ini.

Jadi, tugas Malaikat Mikail sendiri bukan hanya untuk memberikan rizki kepada seorang manusia saja namun juga ke semua makhluk ciptaan Allah SWT.

Tetapi selain tugasnya membagikan rizki, Malaikat Mikail juga memiliki tugas lainnya yaitu mengatur angin, mengatur hujan dan juga mengatur tanaman.

Semua keadaan tersebut berada di dalam tangan Malaikat Mikail dan atas izin dari Allah SWT.

3. Malaikat Israfil yang bertugas untuk meniup sangkala di hari kiamat nanti

10 nama malaikat yang perlu diketahui oleh si kecil dan tugas dari setiap malaikat selanjutnya ialah Malaikat Israfil.

Malaikat Israfil memiliki tugas utamanya ialah meniup terompet sangkala di hari kiamat nanti.

Sangkala yang dimaksud ini ialah sebuah jenis terompet, dimana ketika Allah SWT menyuruh Malaikat Israfil meniup terompet sangkala ini maka di saat itu lah juga hari kiamat tiba dan membuat semua makhluk yang hidup dan bernyawa akan meninggal seketika.

Setelah Malaikat Israfil meniup terompet sangkala untuk yang pertama kali nya selanjutnya Allah SWT akan menghidupkan kembali Malaikat Israfil dan meminta Malaikat Israfil untuk meniup terompet sangkala yang ke dua kalinya.

Tiupan yang kedua kalinya ini merupakan tanda Allah akan membangkitkan kembali semua makhluk ciptaan-Nya yang telah mati.

Setelah ditiupnya terompet sangkala yang ke du aini terjadi maka semua makhluk hidup akan hidup Kembali dan inilah yang telah dinamakan menjadi hari kebangkitan.

4. Malaikat Izrail yang bertugas untuk mencabut nyawa semua makhluk hidup ciptaan Allah SWT

Nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui oleh seorang muslim selanjutnya ialah Malaikat Izrail.

Malaikat Izrail ini memiliki tugas utama yaitu mencabut nyawa semua makhluk hidup yang ada di alam semesta ini.

Tidak ada satu pun makhluk hidup yang dapat terlewat dari takdir Allah SWT untuk meninggal bila memang waktu meninggal nya telah tiba.

Bila waktu meninggalnya telah tiba maka Malaikat Izrail pun akan datang dan akan mencabut nyawa makhluk tersebut.

Malaikat Izrail ini dapat dibilang menjadi seorang Malaikat dimana namanya sangat dikenal diantara para nama Malaikat lainnya yang ada.

5. Malaikat Munkar yang bertugas untuk menanyakan orang yang ada di dalam kubur yang mereka berbuat hal keburukan

Selanjutnya 10 nama malaikat dan tugasnya yaitu ada Malaikat Munkar.

Malaikat Munkar ini memiliki tugas utama yaitu memberikan pertanyaan kepada para manusia yang ada di dalam kubur dimana kejadiannya setelah manusia tersebut telah meninggal.

Malaikat Munkar ini memberikan pertanyaan yang seputar keimanaan mereka serta akan mendatangi mereka yang selama hidupnya melakukan banyak hal keburukan.

Menurut cerita Malaikat Munkar akan mendatangai seseorang dengan wujud nya yang menyeramkan.

Malaikat Munkar akan membawa sebuah godam yang menjadi senjatanya.

Ketika Malaikat Munkar menyakan sesuatu kepada seorang manusia dan manusia tersebut tidak dapat menjawab pertanyaan dari Malaikat Munkar ini maka senjata godam nya akan menghantam manusia tersebut sampai hancur.

Setelah itu manusia tersebut nantinya akan dibangkitkan lagi dan akan diberikan pertanyaan yang sama dan bila masih belum dapat menjawab maka manusia tersebut akan dihancurkan lagi dan semua itu akan seperti itu sampai hari kebangkitan telah tiba.

6. Malaikat Nakir yang bertugas untuk menanyakan orang yang ada di dalam kubur yang mereka berbuat hal kebaikan

Selanjutnya nama malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui ialah Malaikat Nakir.

Malaikat Nakir ini memiliki tugas yang berkebalikan dengan tugasnya Malaikat Munkar. Dimana tugas Malaikat Nakir ini ialah untuk mendatangi para orang yang selama hidup nya banyak melakukan hal kebaikan.

Dalam sebuah cerita menceritakan bahwa Malaikat Nakir ini memiliki wujud yang enak dipandang dan lebih indah.

Diceritakan oleh para orang juga bila seseorang didatangi Malaikat Nakir ini maka orang tersebut akan masuk di surga nya Allah.

7. Malaikat Raqib yang bertugas untuk mencatat amal baik para manusia selama mereka hidup

10 nama malaikat dan tugasnya yang masuk di nomor tujuh ialah Malaikat Raqib.

Malaikat Raqib ini mempunyai tugas utama yaitu mencatat amal baik setiap manusia di semasa mereka semua hidup.

Maka dari itu para orang tua perlu untuk mengajarkan si kecil untuk selalu berbuat kebaikan kepada siapa pun agar nanti semua amal kebaikan si kecil dapat selalu dicatat di dalam buku amal Malaikat Raqib.

8. Malaikat Atid yang bertugas untuk mencatat amal buruk para manusia selama mereka hidup

Nomor delapan nama malaikat dan tugasnya yang wajib untuk diketahui oleh si kecil ialah Malaikat Atid.

Malaikat Atid ini memiliki tugas yang berbalik dengan tugas Malaikat Raqib yaitu tugas utama Malaikat Atid ialah mencatat amal buruk para manusia selama mereka hidup di dunia ini.

Dengan begitu sebaiknya para orang tua mengingatkan kepada si kecil untuk menghindari perbuatan jahat atau pun perbuatan buruk.

Perlu untuk diingat bahwa Malaikat Atid akan selalu mencatat perbuatan buruk yang dilakukan oleh para manusia.

9. Malaikat Malik yang bertugas untuk menjaga pintu neraka

Nama malaikat dan tugasnya yang kesembilan ialah Malaikat Malik. Tugas utama dari Malaikat Malik ini ialah menjaga pintu neraka.

Semua ini telah sesuai dengan yang ada di dalam surat At Thamrin ayat enam yang memiliki arti: “Hai para orang beriman, peliharalah dirimu sendiri serta keluargamu dari bahaya api neraka dimana bahan bakar neraka tersebut ialah manusia dan juga batu, penjaga neraka juga merupakan malaikat yang keras, yang kasar dan yang tidak mendurhakai Allah SWT tentang apa yang telah diperintahkan Allah SWT kepada mereka serta mereka yang selalu mengejarkan yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.”

Neraka sendiri juga merupakan tempat para orang yang selama hidupnya selalu melakukan perbuatan buruk serta mereka semua tidak beriman kepada Allah SWT.

10. Malaikat Ridwan yang bertugas untuk menjaga pintu surga

10 malaikat dan tugasnya yang terakhir ialah Malaikat Ridwan.

Tugas dari Malaikat Ridwan ini berbalik dengan tugas Malaikat Malik yaitu bila Malaikat Malik bertugas untuk menjaga pintu neraka maka tugas dari Malaikat Ridwan ialah menjaga pintu surga.

Gambaran dari surga ialah sebuah tempat bagi mereka umat muslim yang telah beriman kepada Allah SWT serta bagi mereka yang selama hidup di alam semesta ini telah melakukan perbuatan baik yang banyak.

Sedangkan surga yang ada di dalam Al Quran ialah sebuah tempat yang sangat indah dimana merupakan sebuah hadiah bagi setiap orang yang telah beriman kepada Allah SWT.

Semua itu telah sesuai di dalam surat Al Baqarah ayat 25 yang memiliki arti: “dan sampaikan sebuah berita yang gembira kepada para mereka yang telah beriman serta telah berbuat baik selama masa hidupnya, bahwa untuk mereka yang telah berbuat baik akan disediakan surga yang di dalamnya mengalir sebuah sungai.

Setiap dari mereka telah diberikan sebuah rezeki buah-buahan yang ada di dalam surga tersebut. Dan mereka pun berkata semua inilah yang pernah diberikan kepada kami pada jaman dahulu.

Mereka juga diberikan buah yang serupa serta untuk mereka semua di dalamnya ada istri yang suci serta akan kekal didalamnya.”

Fungsi Beriman Kepada Para Malaikat

Setelah mengetahui para nama Malaikat dan tugasnya maka selanjutnya para orang tua perlu untuk menjelaskan kepada si kecil mengenai fungsi beriman kepada para Malaikat Allah SWT. Berikut ini beberapa fungsi beriman kepada para Malaikat Allah SWT:

Senantiasan untuk patuh dalam menjalankan perintah dari Allah SWT serta menjauhi semua larangan yang sudah ditentukan.

Senantiasa untuk menolong, penuh semangat, optimis, menjaga dan juga tidak mudah untuk putus asa.

Senantiasa juga untuk melakukan hal yang terbaik untuk dapat meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Senantiasa juga selalu mensyukuri sebuah rezeki yang datang dari Allah SWT.

Senantiasa dalam berhati-hati untuk berbicara serta melakukan tindakan.

Senantiasa juga dalam berlomba-lomba untuk melakukan sebuah hal kebaikan.

Memiliki sebuah rasa cinta kepada para malaikat karena ibadah yang selama ini telah mereka lakukan.

Mengetahui semua keagungan Allah SWT dimana Allah SWT yang telah menciptakan semua makhluk hidup yang mulia contohnya ialah Malaikat.

Penutup

Itulah tadi 10 malaikat dan tugasnya serta fungsi beriman kepada para malaikat Allah SWT. 

Artikel Terkait

Mengenalkan Doa Sehari-hari Yang Wajib Di Ketahui Anak

Sebagai seorang muslim, pastinya kita diharuskan untuk membaca doa bila akan atau sedang melalukan kegiatan. Hal ini bertujuan untuk sesuatu yang sedang kita lakukan akan senantiasa di ridhoi oleh Allah SWT serta juga akan mendapatkan berkah. Maka dari itu mengenalkan doa sehari-hari yang wajib di ketahui anak sangatlah perlu.
Selengkapnya

Pengertian Serta Keuntungan Dari Full Day School

Pengertian dari full day school yang dalam bahasa inggris yaitu full yang artinya penuh, day yang artinya hari dan school yang berarti sekolah. Dalam penerapan full day school ini siswa akan belajar selama satu hari penuh dan berada di sekolah selama lima hari sehingga di hari sabtu dan hari minggu para siswa libur.
Selengkapnya

Mengulik Arti Nama Anak Sebelum Menamai Ke Anak

Sebelum memberikan nama kepada calon buah hati sebaiknya para orang tua mengetahui arti nama yang akan diberikan kepada anak karena dengan memilih nama untuk anak merupakan sebuah doa serta harapan bagi anak.
Selengkapnya
Madu Anak Vitabumin

Bertanya seputar Paramorina dan belanja Paramorina bersama customer service kami
Layanan Pukul 08.00 - 16.00 WIB

Madu Anak Vitabumin
0800-1-301-668
(Bebas Pulsa)
(0274) 272 4711
(Fixed Line)
(0274) 2724711
(Fixed Line)
Madu Anak Vitabumin
0811 273 8880
(Telp/SMS/Whatsapp)